Iklan

November 11, 2023, 04:41 WIB
Last Updated 2023-11-11T12:41:40Z
Politik

Doktor Ardiles Mewoh: Rapat Evaluasi Hasil Pengawasan Pemilu Jadi Catatan Penting Bawaslu


JurnalManado - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Doktor Ardiles Mewoh mengatakan, dari hasil rapat Evaluasi hasil pengawasan tahapan pencalonan Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi  dan DPRD Kabupaten- Kota di Provinsi Sulawesi Utara.


Ada manfaat dari catatan penting baik kepada Bawaslu secara kelembagaan maupun kita semua, mendapat catatan dari nara sumber yang menjadi bahan dan akan dilakukan oleh Bawaslu kedepan.


Karena ini merupkan salah satu tugas kerja dari Bawaslu dalam melakukan pengawasan dilapangan dilakukan evaluasi dan akan di publikasi kepada  masyarakat yang terkiat dengan kegiatan pengawasan pemilu di Sulut.


Siklus penyelenggaraan pemilu di Sulut  akan menjadi bahan evluasi sangat penting. Bagi kita semua, diharapakan bisa memberikan catatan kritis bagi Bawaslu untuk diperbaiki kedepan.


Dua point penting yang menjadi fokus Bawaslu saat ini adalah pendaftaran Partai Politik (Parpol) keterwakilan perempuan 30 persen di parlement masih kurang. 


Sehingga saat melakukan pengawasan pemgumuman yang disampaikan Komisi Pemioihan Umum (KPU) saat pleno beberapa hari lalu, ada delapan parpol.di Sulut keterwakilan 30 persen perempuan kurang.


Kedua, menjadi catatan evaluasi, kedepan menjadi perhatian. Dan, kegiatan terkait dengan tahapan kampanye untuk pemilu 2024 yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.


Bawaslu Sulut akan berkonsolidasi dengan Bawaslu Kabupaten-Kota sampai pengawasan di Desa /Kelurahan akan dilakukan pengawasam terkait pentahapan kampanye.


Bawaslu telah juga melakukan pengawasan teekait dengan kotak suara,tinta dsn kertas yang disegel sudah dilakukan pantauan hingga ke gudang melihat langsung logistik.


Dua point penting yang akan menjadi fokus sesuai dengan tahapan yang ada,'tegas Mantan Ketua KPU Sulut kepasa JurnalMansdo.com Sabtu usai penutupan kegiatan.


Disamping itu, Mewoh dorong kepada media untuk.memberikan catatan kristis kepada Bawaslu dalam melakukan tugas- tugas pengawasan.


Hadir pada kegiatan tersebut, Komisioner Bawaslu Stefanus S Linu, Donny Rumagit, Erwin Sumampouw, Zulkifli Densi, Kepala Sekretariat Bawaslu Sulu Aldrin Christian S.STP  bersma.Kabag dan.seluruh komisioner Bawaslu se Kabupaten/Kota se Provinsi Sulut. (tino)