Iklan

November 17, 2023, 01:27 WIB
Last Updated 2023-11-17T09:27:59Z
Politik

Liando : Pensiunan Punya Kontribusi Dukung Pemilu Berkualitas


JurnalManado - Salah satu elemen penting bagi tegaknya pemilihan umuum (Pemilu) berkualitas adalah para pensiunan pegawai negeri sipil (ASN) 


Tugas mereka di pemilu tidak jauh ketika mereka aktif sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

Hal itu disampaikan Ferry Daud Liando (FD), Ketika menjadi narasumber pada seminar Kepemiluan yang di gelar Kerukunan Kekuarga Pensiunan Pamong Praja (KKPP) kamis, 16 November di Aula BKD  Kota Manado.


Semasa aktif, PNS memiliki 4 tugas yakni sebagai pelaksana kebijakan pemerintah daerah, sebagai pelayan masyarakat, mendorong pemberdayaan masyarakat dan penjaga NKRI. 


Meski sudah pensiun, 2 dari 4 tugas diatas masih tetap relevan yakni fungsi pemberdayaan masyarakat dan penjaga NKRI. 

Pemilu membutuhkan dukungan pemilih yang berintegritas dan bermartabat sehingga membutuhkan pihak yang dapat memberdayakan mereka sebagai pemilih yang baik.


Pemilih yang baik adalah pemilih yang didasarkan pada sebuah kesadaran dan kepedulian dalam membangun peradaban. Pemilih yang hanya terepengaruh dengan politik uang, politisasi SARA, terpengaruh hoax atau informasi-informasi bohong bukanlah pemilih yang baik.

Pemilih yang baik akan mendasarkan pilihannya pada kualitas, kapasitas dan integritas calon.


Fungsi penjaga NKRI, para pensiunan dapat menjadi kesejukan dan kedamaian. Pada pemilu akan banyak caleg, tim sukses atau pendukung akan berupaya mengadu domba. Sehingga peran pensiunan dapat menjadi pemersatu, penengah atau menjadi penyejuk ditengah panasnya kompetisi agar tidak terjadi polarisasi dan konflik sosial. 

Pembicara lain adalah kaban Kesbangpol Manado Conny Lantu dan ketua umum KKPP Drs Josua Pangkerego. (tino)