Iklan

November 15, 2023, 03:16 WIB
Last Updated 2023-11-15T11:16:37Z
MitraUtama

Optimalisasi Dokumen Strategis Kependudukan, Wagub Steven Kandouw Pantau Langsung Layanan E-KTP di SMK N 1 Ratahan


Jurnal, Mitra - Kegiatan optimalisasi dokumen strategis kependudukan bagi para siswa-siswi, oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut)  untuk menyediakan layanan KTP untuk anak didik, dilaksanakan, Rabu  15/11/23 di SMK Negeri I Ratahan.


Pada Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw dan didampingi Bupati Mitra Ronald Sorongan.


Wakil Gubernur Steven Kandouw,  menyerahkan kartu identias berupa , KTP dan KIA kepada siswa-siswi. “Optimalisasi Dokumen Strategis Kependudukan ODSK.  merupakan program Gubernur Olly Dondokambey untuk menyediakan layanan KTP untuk anak didik”, kata Wagub.


Menurutnya,  berangkat dari kesadaran bahwa dokumen kependudukan itu penting, Gubernur Olly mencanangkan program tersebut di sekolah-sekolah SMA-SMK yang menjadi kewenangan Pemprov Sulut bekerja sama dengan pemerintah daerah kabupaten/kota untuk menyediakan layanan KTP untuk anak didik. ”Mudah-mudahan dengan adanya program seperti ini semua sudah teridentifikasi. Tidak ada lagi anak-anak yang termarginalkan,” ungkapnya.


Wagub Steven Kandouw mengapresiasi Pemkab Mitra sangat responsif untuk mendukung program Pak Gubernur dengan mengirimkan Dinas Capil untuk mendukung kegiatan tersebut. “Ini suatu wujud sinergitas yang sangat positif dan harus dipertahankan biar menjadi contoh untuk daerah-daerah lain,” pungkas Wagub Kandouw.


Sementara itu Bupati Mitra Ronald Sorongan pada kegiatan penyerahan KTP Elektronik di lingkungan sekolah kepada siswa SMA/SMK di SMKN 1 Ratahan, menyampaikan bahwa Kegiatan ini Merupakan Optimalisasi dokumen strategis kependudukan(ODSK) melaui pembuatan Dokumen kependudukan massal antara lain KTP-el yang merupakan indentitas kependudukan digital(IKD), Kartu Keluarga(KK),Kartu Identitas Anak(KIA).


Kegiatan yang juga dihadiri Sekretaris TP PKK Provinsi Sulut,Ketua DPRD Mitra Marty Mareyke Ole,

Asisten I  Setdaprov Sulut,Sekda Mitra David Lalandos,Kadis Pendidikan daerah Prov.Sulut, Kadis Capil dan KBD Prov Sulut,Asis ten II Setdakab Mitra Arnold Mokosolang,Asiaten III Setdakab Mitra Elly Sangian,Kadis Capil Piether Owu, Kadis Pendidikan Sarah Kindangen,Kadis Perhubungan Muchtar Wantasen, Kasat Pol PP Irwan Abdjulu,Camat Ratahan Arce Kalalo.


Kepala SMK Negeri 1 Ratahan Ana Powa, menyampaikan terima kasih kepada pemerintah provinsi Sulawesi Utara yang sudah boleh hadir bahkan sudah menyerahkan dokumen kependudukan kepada para siswa di SMK Negeri 1 Ratahan. “Terima Kasih Kepada pemerintah provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah kabupaten Minahasa Tenggara yang sudah mempercayakan SMK Negeri 1 Ratahan menjadi tempat pemberian dokumen kependudukan bagi siswa SMK Negeri 1 Ratahan dan SMA Negeri 1 Ratahan,” Ungkap Powa.(hak)