Iklan

January 25, 2024, 06:53 WIB
Last Updated 2024-01-25T14:54:39Z
Politik

Di hadiri Ribuan Warga Mitra, Felly E Runtuwene Sosialisasi dan Edukasi Terkait Kesehatan


JurnalMitra - Tak pandang menyerah sebagai wakil rskyat yang duduk di parlement Dewan perwakilan rakyat (DPR) Republik lndonesia (RI) daerah pemilihan (dapil) Sulawesi-Utara (Sulut)


Felly E Runtuwene (FER) SE melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Kali ini Ketua Komisi lX ini mengunjungi Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).


Dihadapan ribuan warga Lobu dan Molompar Kab.Mitra saat edukasi Penggunaan Obat Rasional melalu


gerakan Masyarakat Cerdas menggunakan Obat Gema Cermat, bersama Direktorat Jederal Kefarmasian dan alat kesehatan kementrian Kesehatan RI Kamis (25/01/2024).



Dalam pemaparan calon legislatif (celeg) DPR RI nomor urut 5 om enyampaikan  hal hal yang harus dilakukan yakni,

1. Cerdas memilih bahan pangan yang sehat baik

2. Olaraga yang rutin

3.Rutin datang kontral diri ke Puskesmas

4.Mampu Kelolah Stress, serta

5 Menjaga kebersihan diri dan lingkungan


” Ini 5 hal sederhana yang kalau kita lakukan secara baik, maka akan terhindar dari sakit. Ingat jangan datang ke puskesmas kalau sakit, tapi rajinlah memeriksa diri, apakah tekanan darah dari baik, kolesterol aman. 


Juga hindari stres, rajin beribadah akan dikuatkan secara mentaldan iman,” imbau Srikandi Nasdem ini yang juga mencalonkan diri kembali sebagai anggota DPR RI No. urut 5 Dapil Sulawesi Utara.


Politisi Partai NasDem itu juga menjelasakan alokasi anggaran kesehatan dari tahun ketahun dimana sejak dirinya dipercaya sebagai Ketua Komisi IX terus mengalami peningkatan khususnya anggaran untuk bantuan Pelayanan dan alat kesehatan bagi masyarakat miskin dan selisih iuran BPJS yang di tanggung pemerintah.

” Ditahun anggaran 2024 saya baru saja tandatangi Rp. 90 Triliun 482 Miliar alokasi anggaran kesehatan, dimana Rp.40 Triliun Lebih untuk PBI. Ditahun 2020 ada usulan kenaikan iuran BPJS dari Rp.35.000 menjadi Rp.42.000, saya katakan bisa saja dinaikkan tapi jangan bebani rakyat. Sehingga kemudian atas persatuan Saya dan teman teman Komisi.IX selisih iuran setiap peserta Rp.7000 ditanggung Pemerintah,”jelasnya kepada JurnalManado Kamis (25/1/2024).


Felly Juga terus mengimbau dan mengajak masyarakat yang hadir dalam sosialisasi ini untuk menjadi corong kepada keluarga, saudara dan siapapun yang dijumpai.


Hadir dalam kesempatan ini dari Kementrian Kesehatan RI, Bpk.Zulkifar, Dinas Kesehatan Sulut Ibu.Dian dan Ibu Jouna juga dari Dinas Kesehatan Kabupatem.Mitra.(tino)