Iklan

January 29, 2024, 17:11 WIB
Last Updated 2024-01-30T01:11:34Z
NasionalPemerintahanUtama

Sulut Terkenal Toleransi di Dunia, Indikator Tuan Rumah Dewan Gereja-Gereja Sedunia atau World Council of Churches (WCC)


Jurnal Manado - Kondisi stabilitas keamanan yang terjaga plus predikat daerah paling toleran, menjadikan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) disegani hingga di tingkat internasional.


Kepercayaan tersebut, menjadi indikator dan modal bagi Sulut untuk menjadi daerah pelaksana atau tuan rumah pertemuan Dewan Gereja-Gereja Sedunia atau World Council of Churches (WCC), yang digelar di Hotel Yama Tondano, pada tanggal 1 hingga 8 Februari 2024.

Rekam jejak Sulut di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven OE Kandouw, telah menjadikan Sulut sebagai laboratorium kerukunan.

Gubernur Olly sebagai salah satu ketua FKPKB Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), berhasil memboyong Sekretaris Jenderal Dewan Gereja-gereja Sedunia Rev. Dr. Jerry Pilay datang ke Sulut

Agenda tersebut dilakukan usai menghadiri Sidang MPL-PGI di Pulau Mentawai Sumbar.

Turut dalam rombongan  Rev Dr Henriette Lebang, salah seorang Presiden WCC dan Pdt Gomar Gultom Ketua Umum PGI, juga

Ketua Sinode GMIM Pdt Dr Hein Arina MTh.

Gubernur bersama pimpinan Dewan Gereja-Gereja Sedunia

Selanjutnya, rombongan menuju Tondano untuk memastikan tempat pertemuan dari Komisi Faith & Order dari Dewan Gereja Gereja Sedunia. Rencananya, pertemuan akan dihadiri sekitar 100 peserta yang terdiri dari 71 orang anggota komisi yang berasal berbagai negara, 10 orang pimpinan PGI dan peninjau dari gereja-gereja di Sulut.

Ketuai Panitia Pelaksana Pnt Rio Dondokambey yang juga Anggota Central Committee dari Dewan Gereja Gereja Sedunia, tengah mematangkan persiapan untuk menyambut delegasi.

“Kita patut berterima kasih karena dipercaya, mari berikan yang terbaik. Kita tunjukkan pada dunia, bahwa Sulawesi Utara memang betul-betul layak menyelenggarakan kegiatan skala internasional,” kata Rio Dondokambey.

Kepala Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Daerah Sulut, Steven Liow mengatakan, kehadiran para petinggi gereja dunia, nasional dan lokal gereja di Indonesia, telah menghadirkan suasana yang penuh berkat. Yakni dama sejahtera.

“Pertemuan Dewan Gereja-Gereja Sedunia ini, terdapat banyak hamba Tuhan serta pimpinan organisasi keagamaan di seluruh dunia,” ujarnya.

Kehadiran delegasi disambut antusias. Karena Sulut, sebagaimana harapan gubernur, akan banyak menerima berkat damai sejahtera. Terlebih  bagi masyarakat. Di mana sebelum Natal, gubernur telah bertemu dengan pemimpin umat Katolik sedunia Paus Fransiskus di Vatikan.

“Gubernur meminta agar Paus mendoakan dan memberkati Sulawesi Utara. Jadi Pak Gubernur Olly Dondokambey benar-benar membawa berkat damai sejahtera bagi Sulawesi Utara,” ungkap Liow.

Untuk memastikan kegiatan, Wagub Sulut Steven Kandouw meninjau lokasi Pertemuan Dewan Gereja-Gereja Sedunia, di Yama Resort Tondano Kabupaten Minahasa, pada Senin (29/1/2024).

Kandouw didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Steve Kepel, Asisten III Setdaprov Sulut Fransiscus Manumpil, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Daerah Sulut Evans Liow, Kepala Biro Umum Setdaprov Sulut Rainier Dondokambey.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Sulut Clay Dondokambey serta Kepala Badan Pendapatan Daerah Sulut June Silangen dan Sekretaris Daerah Lynda Watania.