Iklan

January 4, 2024, 21:33 WIB
Last Updated 2024-01-05T05:33:32Z
Politik

Wenny Lumentut, Kans Duduk di DPR RI


JurnalManado - Wenny Lumentut kans duduk di DPR RI, mantan Wakil Walikota Tomohon itu dari 116 calon Anggota Dewan perwakilan rakyat (DPR) Republik lndonesia (RI) yang mencalonkan diri utusan 19 partai politik (Parpol) untuk daerah pemilih (dapil)  Sulawesi Utara (Sulut) pada pemilu 14 Februari 2024 nanti yang akan memperebutkan 6 jatah kursi, diprediksi hanya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang akan meloloskan calon legislatifnya (caleg) untuk lolos ke Senayan.



Dari tiga Parpol yang diprediksi meloloskan calon yakn PDIP berhasil meloloskan 4 calon disamping Wenny Lumentut ada nama Rio Dondokamney,Vanda Sarundajang dan Lexy Mamonto. Partai Golkar hanya bisa meloloskan 1 calon yakni Christinia Euqinia Paruntu, dan Partai Nasdem hanya bisa meloloskan 1 caleg yakni Felly Estelita Runtuwene.


Pertimbangan Sulut hanya dikuasai oleh 3 Parpol ini didasarkan pada tingkat ketertarikan masyarakat terhadap Parpol serta figur calon yang di pilih mengingat nama- nama yang diprediksi lolos adalah figur yang selalu mendapatkan sambutan dan sering diperbincangkan oleh warga Sulawesi Utara.


Enam nama yang dipilih yakni


1.Rio Domdokambey, yang merupakan anak Gubernur Sulut dengan menempati sejumlah jabatan penting di berbagai organisasi serta cukup populis di kalangan generasi muda dinilai pantas untuk masuk sebagai salah satu kandidat menjadi Anggota DPRD-RI


2. Wenny Lumentut,SE pengusaha sukses yang menji tokoh umat Katolik sangat populis disemua kalangan masyarakat dengan sukses menjadi Wakil Walikota Tomohon serta dikenal sangat peduli dengan masyarakat kecil menjadi referensi layak menjadi wakil rakyat untuk duduk di kursi DPR-RI.


3. Vanda Sarundajang yang telah 2 kali berturut – turut terpilih menjadi Anggota DPR-RI dengan program bea siswanya yang dirasakan oleh masyarakat miskin menjadi jaminan untuk kembali terpilih.


4. Lexy Mamonto, SH,MH yang adalah mantan Hakim tinggi dan perwakilan umat muslim juga menjadi pilihan masyarakat Sulut untuk menjadi Anggota DPR-RI.


5. Christinia Euqinia Paruntu yang adalah mantan Bupati Minahasa Selatan ini cukup dikenal luas dan memiliki track rekord disayangi oleh kaum pemilih lansia dan militansi pendukung partai Golkar di Sulawesi Utara sehingga sangat layak menjadi Anggota DPR-RI


6. Felly Estelita Runtuwene yang saat ini tercatat sebagai ketua komisi IX DPR-RI telah memberi bukti dengan banyak membantu masyarakat Sulawesi Utara dengan program kesehatan serta program sosial yang dirasakan langsung oleh masyarakat Sulut, juga selalu mendapatkan ratusan masyarakat dalam setiap kunjungan kerja menjadi referensi jika Putri Minsel ini sangat layak dipilih menjadi Anggota DPR-RI.


Masyarakat Sulawesi Utara pada Pemilu 2024 harus jeli memilih wakilnya untuk ditugaskan mengemban amanat rakyat di parlemen khususnya DPR- RI, agar semua yang menjadi aspirasi ataupun program yang menyentuh masyarakat khususnya di Sulawesi Utara.(tino)