Iklan

February 27, 2024, 16:21 WIB
Last Updated 2024-02-28T00:21:33Z
AdvetorialNasionalPariwisataPemerintahanUtama

Bakal Tambah Penerbangan Seoul - Manado, Lee : Manado Sudah Dikenal di Korsel Pasca Kunjungan Pak Gubernur Olly


Jurnal Manado - Maskapai Nasional Korea Selatan yaitu Korean Air nampak tertarik membuka penerbangan internasional jalur Seoul-Manado maupun sebaliknya.


Konektivitas penerbangan internasional ini pun disambut baik Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.


Tim inspeksi penerbangan terkemuka negeri ginseng ini telah tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado. Mereka terbagi dua tim yakni dari Kantor Korean Air di Jakarta dan Kantor Pusat di Seoul, Selasa (27/2/2024) siang.


“Kami berniat akan membuka jalur penerbangan langsung dari Seoul ke Manado,” kata Lee, salah satu tim inspeksi.


Lee dijemput Mohamad Dino Gobel selaku Staf Khusus Gubernur Sulawesi Utara Bidang Pariwisata dan Urusan Luar Negeri.


Saat ditanya alasan berminat buka rute di Manado, Lee mengungkapkan bahwa nama Manado sudah mulai dikenal di Korea Selatan pasca kunjungan Olly Dondokambey yang saat itu mendampingi Megawati Sukarnoputri di Seoul akhir tahun lalu.


Selain itu keputusan membuka jalur ke Manado setelah pihak maskapainya dihadiri rapat dengan Kementerian Perhubungan RI dalam rapat di Batam baru baru ini.


Dalam rapat saat tersebut, Korean Air diundang untuk ekspansi ke Indonesia untuk jalur Batam dan Manado. Manajemen di Kantor Pusat Korean Air di Seoul mengaku berminat ke Manado.


Selama berada di Manado, Lee dan anggota tim lain akan melakukan pertemuan dengan pihak Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado yakni Otoritas Bandara dan Angkasa Pura.


Usai landing Manado, Lee dijamu makan siang di Grand Luley Hotel Manado. Pada kesempatan itu juga Lee melakukan diskusi dengan GM Grand Luley yang juga selaku Ketua Indonesia Generasi Manager Hotel Indonesia (IGMHI) Chapter Sulutgo Ariesta Prasetyo dan Ketua ASITA Sulawesi Utara Moudy Paath didampingi Sekretarisnya Melisa Sualang.


Kunjungan Korean Air ke Manado disambut baik Vice President PT Angkasa Pura Pusat Moh Thamrin yang kebetulan juga sedang berada di Manado.


“Kami mendukung penuh Korean Air membuka jalur ke Manado,” kata Thamrin antusias.


Di tempat tempat terpisah, Olly Dondokambey pun sangat antusias dan menyambut baik kunjungan tim Korean Air di Bumi Nyiur Melambai.


“Iya memang saya sempat meminta agar mereka buka di Manado,” sebut gubernur optimis.


Dino Gobel menambahkan kunjungan tim Korean Air langsung dikordinasikan dengan pihak terkait di dalamnya Angkasa Pura dan Dinas Perhubungan Sulawesi Utara.


“Prinsipnya, pak gubernur mengharapkan rute Seoul Manado segera terbuka,” tambahny.(*)