Iklan

March 3, 2024, 01:41 WIB
Last Updated 2024-03-03T09:41:32Z
Mitra

Camat Meintji Batubuaya Minta TP PKK dan Bunda Paud Se Kecamatan Touluaan Wajib Cegah Stunting


Jurnal,Mitra - Pencegahan Stunting terus digaungkan Pemerintah Kecamatan Touluaan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Kepala Kecamatan Meintji Batubuaya Memintakan kepada TP PKK dan Bunda Paud wajib melakukan pendampingan.


Pentingnya pendampingan bagi keluarga dalam upaya penanggulangan Stunting. "Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita atau nganguan pertumbuhan dan perkembangan anak, akibat kekurangan Gizi kronis dan Infeksi berulang terutama pada 1000 Hari Pertama Kehidupan, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badan anak berada di bawah standar kesehatan," jelas Camat Batubuaja.


Ketua TP PKK Desa Ranoketang Atas Satu itupun membeberkan peran Tim pendamping keluarga dalam upaya penanggulangan Stunting. "Tim pendamping keluarga ada 3, yaitu Pertama Bidan sebagai pemberi pelayanan kesehatan sekaligus koordinator tim pendamping keluarga dalam upaya percepatan penurunan Stunting. Kedua Kader PKK sebagai Mediator sekaligus pendamping keluarga dalam upaya percepatan penurunan Stunting. Ketiga Kader KB sebagai Pendamping keluarga dalam upaya percepatan penurunan Stunting. Dengan ikut Pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan peran bunda paud dalam pencegahan Stunting melalui Satuan pendidikan Usia Dini oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Mitra, saya mintakan TP PKK dan Bunda Paud Se Kecamatan Touluaan Wajib mejalan perannya dalam pencegahan Stunting," terang Batubuaja, Sabtu 2/3/24.


Dirinya berharap dengan mendapatkan Ilmu tersebut maka dapat dipastikan pencegahan Stunting akan terwujud. "Terwujudnya pencegahan Stunting bergantung juga pada pendampingan keluarga Khususnya Tim pendamping Kader PKK dan Kader KB untuk itu saya sangat berharap agar Kader PKK dan Bunda Paud harus segera melakukan tugas dengan baik dan benar dalam upaya penanggulangan Stunting," pungkas Batubuaya.(hak)