Iklan

March 25, 2024, 16:56 WIB
Last Updated 2024-03-25T23:56:37Z
MitraUtama

Laksanakan Evaluasi Perkembangan Desa, Camat Henny Liwan : Melihat Sejauh Mana Efektivitas Kemajuan Pembangunan dan Kesejahteraan


Jurnal,Mitra - Pemerintah Kecamatan Tombatu Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melaksanakan kegiatan Evaluasi Perkembangan Desa (EPD) dalam rangka mengetahui efektivitas, tingkat perkembangan desa/kelurahan, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, 


Kegiatan EPD se Kecamatan Tombatu diawali di desa Tombatu Tiga Timur, dipimpin langsung oleh Camat Tombatu Henny Liwan Senin 25/3/24, Camat dan jajarannya didampingi Hukum Tua, Perangkat Desa,  BPD Desa, Pengurus PKK, beserta pendamping desa  meninjau melihat potensi yang ada di Desa.


Camat Henny Liwan menuturkan, Evaluasi perkembangan desa  bertujuan untuk mengetahui efektivitas, tingkat perkembangan desa/kelurahan, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, serta daya saing desa/kelurahan melalui pembangunan Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka NKRI. "Sesuai yang tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 (Permendagri No. 81/2015) tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan,"tuturnya. 


Iapun menjelaskan bahwa evaluasi perkembangan desa adalah suatu upaya penilaian tingkat penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan yang didasarkan pada instrumen evaluasi perkembangan desa. " Evaluasi dan penilaian perkembangan desa tersebut dilakukan dengan mekanisme lomba desa.  Dimana ada tim yang menilai seperti Hatinya PKK, Administrasi Desa dan lainnya, kegiatan EPD se Kecamatan Tombatu akan dilaksanakan selama dua pekan kedepan dan hasilnya akan diumumkan," jelas Liwan.(hak)