Iklan

March 26, 2024, 07:13 WIB
Last Updated 2024-03-26T14:13:10Z
Mitra

Pantau Kios Penyalur, Dinas Pertanian Kabupaten Mitra Tegas Salurkan Pupuk Subsidi Tepat Sasaran


Jurnal,Mitra - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Pertanian terus melakukan pemantauan penyaluran Pupuk Subsidi di seluruh kios penyalur.


Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mitra Vecky Monigir melalui Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian Joice Tumigolung mengatakan Untuk Pupuk Bersubsidi di Kios masih aman dan lancar. "Jadi kami terus melakukan Monitoring dan evaluasi, dan hari ini (Selasa 26/3/24) di wilayah kecamatan Pusomaen,  salah satu kios bahwa penebusan dan penyaluran pupuk bersubsidi aman dan lancar," katanya.


Menurutnya berdasarkan Aplikasi I Pubers mempermudah. "Karena Aplikasi I Pubers yang merupakan kolaborasi Antara Kementan dan PPI lebih mudah, hanya saja untuk tahun ini memang Alokasi Pupuk berkurang dan bukan hanya berlaku di Kabupaten Mitra tapi di seluruh Kabupaten/Kota se Indonesia," ungkap Tumigolung.


Iapun menjelaskan bahwa Berkurangnya alokasi pupuk bersubsidi akibat Elnino yang berkepanjangan tahun lalu sehingga petani tidak menebus pupuk.


Untuk itu Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian menegaskan kepada kios penyalur 

Agar tetap menyalurkan pupuk sesuai regulasi yqng ditetapkan oleh pemerintah termasuk harus sesuai HET. "Jadi ketersediaan dan penyaluran pupuk bersubsidi yang tepat sasaran merupakan bagian penting dalam mendukung tingkat ketahanan pangan nasional terutama ditengah musim tanam sekarang ini," pungkas Tumigolung.(hak)