Iklan

March 22, 2024, 20:15 WIB
Last Updated 2024-03-23T03:15:22Z
MitraUtama

Punuindoong Siap Sukseskan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dan Bahan Bacaan Bermutu Tahun 2024


Jurnal,Mitra - Melalui Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) mendapatkan bantuan Program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dan bahan bacaan bermutu untuk perpustakaan umum tahun 2014.


Kepala Dinas Kearispan dan Perpustakaan Kabupaten Mitra Phebe Punuindoong ketika ditemui Jumat 22/3/24 mengatakan bahwa di Kabupaten Mitra ada sejumlah Desa dan Kelurahan serta Taman baca masyarakat akan mendapatkan program bantuan di tahun 2024. "Calon penerima bantuan saat ini telah mengikuti kegiatan sosialisasi melalui meeting Zoom oleh perpusnas dalam rangka Peningkatan layanan perpustakaan desa dalam memperkuat kecakapan literasi untuk mendukung merdeka belajar dan kampus belajar," katanya.


Dipaparkannya bahwa Peran perpustakaan desa telah di atur dalam undang-undang perpustakaan nomor 43 tahun 2007. "Guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi para pemustaka serta meningkatkan kegemaran membaca dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa karena setiap masyarakat mempunyai hak yang sama untuk memperoleh layanan," papar Punuindoong.


Untuk itu dirinya sangat berharap kepada perpustakaan desa dan kelurahan serta Taman baca yang ada di kabupaten Mitra dapat memastikan kualitas Pelaksanaan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dan bahan bacaan bermutu untuk perpustakaan umum tahun 2014. "Pastikan pelaksanaan program berjalan dengan mengukur pencapaian pelaksanaan program sehingga dapat menentukan strategi peningkatan kualitas dalam perbaikan program," harap Punuindoong.


Iapun menambahkan kegiatan program selanjutnya dilaksanakan Bimtek SPP TIK, Pendampingqn/Mentoring, pertemuan pemangku kepentingan/stakeholder meeting Nasional dan Provinsi.(hak)