Iklan

March 26, 2024, 03:54 WIB
Last Updated 2024-03-26T10:54:58Z
NasionalPemerintahan

Segera Beroperasi, Pj. Gubernur Agus Fatoni : Gencarkan Promosi Bandara Gatot Subroto


Jurnal Sumsel – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni minta Pemerintah Daerah (Pemda) sekitar Bandara Bandara Gatot Subroto Way Kanan agar gencar melakukan promosi reaktivasi bandara mengingat bandara kan segera kembali beroperasi secara komersial. 


”Itu juga kita harus melakukan promosi untuk flyer, spanduk, medsos untuk segera disiapkan,” kata Fatoni.


Maskapai Citylink telah menyetujui beroperasi di Bandara Gatot Subroto Way Kanan jika kembali dioperasikan secara komersial. Akan ada satu pesawat yang beroperasi melayani rute Jakata-Way Kanan melalui Bandara Halim Perdanakusuma.

”Berdasar hasil pertemuan dari Pemprov Sumsel, Lampung, dan Way Kanan, maskapai Citylink sudah menyanggupi. Nanti ada satu pesawat yang beroperasi dari Halim ke Way Kanan,” ucap Fatoni.


”Telah disepakati dalam seminggu itu ada dua kali penerbangan. Dari Halim jam 10 terus langsung kembali jam 11 lebih. Jadi ini dalam seminggu akan dilaksanakan dua kali,” sambung dia.


Terkait hari keberangkatan dan tarif penerbangan hingga saat ini belum diputuskan. Namun, Fatoni menyarankan agar dilakukan penerbangan pada Minggu dan Kamis.

”Saya bisa usul itu mungkin bisa Minggu, Selasa, dan Kamis. Minggu itu untuk rapat di Jakarta pada Senin. Kemudian Kamis itu mungkin bisa rapat pada Jumat. Itu misal penerbangan tiga hari. Kalau misal hanya dua hari itu saya menyarankan hari Minggu dan Kamis,” kata Fatoni.


Hal lain yang perlu disiapkan adalah terkait penumpang yang akan memenuhi kapasitas tersebut. Fatoni juga mengimbau agar pemda sekitar seperti, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Way Kanan, Pemkab Ogan Komering Ulu (OKU), Pemkab OKU Selatan, Pemkab OKU Timur, dan Pemkab Lampung Barat, yang hendak melakukan perjalanan dinas ke Jakarta menggunakan Bandara Gatot Subroto Way Kanan.


”Nah nanti setelah ini, Pak Sekda bisa memimpin untuk membagi penumpang tadi. Misal Way Kanan itu 15 penumpang, kemudian OKU Timur 15 orang, OKU Selatan berapa, Lampung Barat berapa,” ucap Fatoni.


”Penumpang ini bisa dari ASN atau PNS yang sedang melakukan perjalanan dinas atau masyarakat juga bisa tapi harus bisa dipastikan itu bisa dari daerah,” sambung dia.


Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Way Kanan Saipul menyampaikan, pemda sekitar Bandara Gatot Subroto Way Kanan telah mencapai kesepakatan untuk menjamin ketersediaan penumpang setiap pelayanan penerbangan.

(*)