Iklan

April 14, 2024, 17:21 WIB
Last Updated 2024-05-07T09:02:39Z
AdvetorialBolmongUtama

Didampingi Istri Tercinta, Pj. Bupati Limi Mokodompit Hadiri Langsung Perayaan Dharma Santi Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka


Jurnal Bolmong - 
Pj Bupati Ir Limi Mokodompit MM, didampingi Istri tercinta yang juga Ketua TP PKK Bolmong Iryanti Suleha Mokodompit Uswanas, S.Sos, menghadiri langsung Perayaan Dharma Santi Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1946 Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Parisade Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Bolmong di Desa Werdhi Agung, Kecamatan Dumoga Tenga, Minggu (14/04/2024). 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua KNPI Bolmong Feramitha Tiffani Mokodompit, SM, MBA, Ketua DPRD Welty Komaling, SE, MM, Kapolres Bolmong, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolmong, Ketua dan pengurus Parisade Hindu Dharma Bolmong. 

Dalam sambutannya, Limi menyampaikan selamat hari raya nyepi tahun baru saka 1946 kepada Umat Hindu se-Bolmong, serta memberikan apresiasi kepada pengurus PHDI Bolmong atas terselenggaranya acara tersebut.

“Sangat mengapresiasi, karena di tengah kemajemukan masyarakat Bolmong, umat Hindu mampu menunjukan toleransi antar umat beragama di daerah ini. Semoga kegiatan ini bisa dijadikan wahana untuk melakukan pembinaan kepada umat, terkhusus kepada umat Hindu di Kabupaten Bolmong,” ucap Limi.

Ia berharap, kegiatan tersebut lebih meningkatkan nilai-nilai keimanan sekaligus mempererat persaudaraan antar sesama umat manusia.

“Semoga acara ini dapat dijadikan sebagai wahana untuk melakukan pembinaan kepada umat, lebih khususnya umat hindu yang ada di Kabupaten Bolmong,” harap Bupati. 

Dalam pelaksanaan rangkaian Hari Raya Nyepi, terkandung nilai esensial yang berfungsi memotivasi seluruh Umat Hindu, untuk senantiasa melakukan hubungan dengan Tuhan, dengan sesama umat manusia, dengan alam semesta, meningkatkan keseimbangan dan kesucian diri, serta terkandung suatu nilai kebangkitan, kesadaran dan toleransi, menuju kebersamaan dalam mencapai tujuan hidup umat manusia.

Selain itu, melalui tema perayaan Dharma Santi tahun ini yakni, “Sat Cit Ananda untuk Indonesia Maju”, dengan sub tema “Melalui Pelaksanaan Catur Brata Penyepian, Kita Tingkatkan Kesadaran untuk Menjalankan Kebahagiaan Tertinggi, memiliki makna yang mendalam.

“Momentum perayaan Dharma Santi kali ini diharapkan akan dapat meningkatkan kerukunan antar umat beragama, kerukunan interen umat beragama serta kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah,” harapnya.Sementara itu, Ketua PHDI Bolmong I Nyoman Sukra, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Bupati Bolmong, karena walaupun disibukkan dengan agenda yang begitu padat, masih sempat meluangkan waktu untuk hadir dalam acara Perayaan Dharma Santi Tahun Baru Saka 1946 bersama-sama dengan Umat Hindu di Kabupaten Bolmong.

“Bapak bupati adalah sosok yang sangat peduli dengan masyarakat Hindu di Kabupaten Bolmong, karena setiap hajatan yang dilaksanakan oleh masyarakat Hindu, beliau tetap meluangkan waktu untuk hadir dan bersama-sama dengan kami,” kata Sukra.

(amd)