Iklan

April 18, 2024, 10:51 WIB
Last Updated 2024-04-18T17:51:10Z
Mitra

Gencar Lakukan Aktivasi Indentitas Kependudukan Digital, Kadisdukcapil Piether Owu Harap Warga Pro Aktif


Jurnal,Mitra - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) siap mensukseskan Program Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI,dengan Genca melaksanakan Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).


Kepala Disdukcapil Kabupaten Mitra Piether Owu mengatakan pihaknya terus melakukan Aktivasi dengan mengunjungi kantor-kantor SKPD. "Jadi ada Tim kami yang mengunjungi Kantor-kantor Dinas untuk lakukan aktivasi. Sesuai instruksi maka kami mengejar target tercapai 30 persen," katanya Rabu 17/4/24.


Lanjut dijelaskan Owu bahwa IKD adalah versi digital dari dokumen identitas yang dapat diakses secara online. "Dengan Versi Digital ini maka Pada bulan Mei 2024 diharapkan pelayanan sudah tidak lagi datang ke kantor, maka Sangatlah penting keterlibatan warga masyarakat untuk melakukan aktivasi. Aktivasi IKD dilaksanakan secara bertahap dan program diujicobakan terlebih dahulu kepada ASN, Tenaga Harian Lepas (THL) dan aparatur desa," jelas Owu.


Dirinya menambahkan IKD yang akan diberlakukan memiliki beberapa fitur yang dapat memudahkan layanan kependudukan. "IKD dapat menyimpan, menampilkan dan berbagi dokumen kependudukan seperti KTP, KK dan akta kelahiran serta Kartu BPJS, NPWP secara aman. Sehingga masyarakat tidak lagi akan membawa Dokumen manual," tutup Owu. (hak)