Iklan

April 3, 2024, 17:47 WIB
Last Updated 2024-04-04T00:47:45Z
Mitra

KPU Kabupaten Mitra Melakukan Evaluasi Kinerja Badan Adhoc Pemilu Serentak


Jurnal,Mitra - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mengadakan rapat evaluasi kinerja pelaksana badan Adhoc untuk pemilu serentak di Hotel Mercure Tateli, pada hari Senin  1/4-23 yang berlangsung selama tiga hari (1-3 April 2023). Acara tersebut dihadiri oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan sekretariat PPK dari 12 kecamatan se-Kabupaten Minahasa Tenggara.


Para pembicara yang dihadirkan oleh KPU Mitra adalah Awaludin Umbola (Kadiv Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Prov Sulut), pihak Kejaksaan Amurang, dan Kapolres Mitra dengan Kasat intel-nya.


Kadiv Umbola memberikan penghargaan kepada KPU Mitra dan jajaran Adhoc karena telah dapat melebihi target partisipasi pemilih pada Pemilu 2024. Hal ini menjadi acuan untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang akan dilaksanakan pada bulan November mendatang.


Kesempatan itu juga digunakan oleh Kejari untuk mengingatkan penyelenggara Pemilu untuk menyelesaikan semua kewajiban, termasuk laporan pertanggungjawaban pelaksanaan Pemilu. Hal ini penting agar tidak berdampak pada implikasi hukum di masa depan.


Dalam kegiatan yang sama, Kapolres Mitra melalui Kasat intel menjelaskan pengamanan pelaksanaan Pemilu yang melibatkan seluruh jajaran di polres Mitra. Pihaknya menjamin keamanan dan ketertiban untuk pelaksanaan pemilihan umum 2024 di Minahasa Tenggara.


Acara tersebut dibuka oleh Plh Ketua KPU Mitra, Ryan Sandag, mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Adhoc yang telah melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik sehingga Pemilu 2024 di Kabupaten Mitra berlangsung sukses.


Selanjutnya, dilakukan evaluasi serta pengarahan dari Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, Ryan Sandag, Ketua Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM, Lucky Mamahit, Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Aulia Syukur, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, Satro Mokoagouw serta pengarahan administrasi oleh Sekretaris KPU Mitra, Fajry Monoarfa.


Ketua KPU Mitra, Otnie Tamod, menyampaikan bahwa evaluasi kinerja ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja di masa depan setelah pemilu presiden dan Legislatif. Hal ini dilakukan sebagai catatan untuk mengatasi hambatan dan kekurangan yang terjadi pada proses pemilu yang telah berlalu. Meskipun semua tahapan proses Pemilu 2024 di Mitra berjalan dengan aman, damai, tertib, dan sukses, evaluasi dilakukan agar dapat lebih maksimal lagi pada Pilkada serentak yang akan datang. Tamod juga menyebutkan bahwa pihaknya akan merekrut kembali jajaran Adhoc untuk bertugas pada Pilkada serentak yang akan datang. (hak)