Iklan

May 13, 2024, 02:58 WIB
Last Updated 2024-05-13T10:03:09Z
Mitra

HKG PKK ke-52 di Mitra, Ellen Cumentas ; Wujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju


Jurnal,Mitra, - Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Ir Ellen D.Cumentas, ST, Sp-1, membacakan sambutan Ketua Umum TP-PKK, Nyonya Tri Tito Karnavian, dalam rangkaian Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 Tahun 2024 di Mitra, bertempat di Kantor Bupati pada Senin, 13/5/24.

 

HKG PKK ke-52 kali ini mengusung tema "Bergerak bersama PKK mewujudkan keluarga sejahtera menuju Indonesia maju"


Ellen Cumentas saat membacakan sambutan dari Ketua Umum TP-PKK Nyonya Tri Tito Karnavian mengucapkan selamat Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 dan menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini yang memberikan semangat dan energi baru bagi seluruh kader PKK untuk bekerja sama dalam mensukseskan program-program pemerintah. Tema HKG PKK ke-52 tahun 2024 adalah "Bergerak Bersama PKK, mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju". Bergerak bersama memiliki makna bahwa kader PKK bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga rakyat Indonesia.

 

Dalam visi TP PKK, yaitu terwujudnya keluarga yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berbudi luhur, sehat sejahtera lahir dan batin, Ellen Cumentas berharap agar program-program PKK dapat dikembangkan di daerah masing-masing, sehingga selaras dengan program-program pemerintah dan pemerintah daerah. Melalui 10 Program Pokok PKK, Tim Penggerak PKK dapat menjadi motor utama dalam menggerakkan kader dan menjalin koordinasi serta sinergisitas dengan pemerintah, pemerintah daerah, dan lembaga nonpemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

 

Dalam sambutannya, Ellen Cumentas juga menekankan tiga hal yang perlu mendapat perhatian, yaitu memantapkan pemahaman mengenai filosofi pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, mengoptimalkan potensi gerakan masyarakat untuk bersinergi dengan pemerintah dalam mempercepat pembangunan nasional dan daerah, serta mencapai pencapaian PKK dalam pelaksanaan Rencana Induk Gerakan PKK Tahun 2021-2024.

 

Gerakan PKK merupakan gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah dan pengelolaannya dilakukan dari, oleh, dan untuk masyarakat. Melalui sinergi dengan pemerintah, PKK dapat mendukung program-program pemerintah dan pemerintah daerah hingga ke tingkat keluarga, meningkatkan kesejahteraan, dan memberdayakan perempuan. Gerakan PKK juga melibatkan peran TP PKK dalam mendukung program kerja pemerintah, termasuk dalam bidang penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan, pendidikan, kesehatan, kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat.

 

Ellen Cumentas juga menekankan pentingnya pengintegrasian program/kegiatan PKK ke dalam dokumen perencanaan dan anggaran daerah melalui sinergisitas antara PKK dan pemerintah. Terintegrasinya program PKK ke dalam dokumen perencanaan dan anggaran daerah memberikan peluang kepada PKK untuk memanfaatkan peluang pendanaan melalui APBD, dana hibah, dan kemitraan dengan pihak swasta.

 

Selain itu, Ellen Cumentas juga menyoroti pencapaian PKK dalam pelaksanaan Rencana Induk Gerakan PKK Tahun 2021-2024. Rencana Induk Gerakan PKK menjadi dasar dan panduan bagi TP PKK Pusat dan Daerah dalam pengelolaan program Gerakan PKK agar lebih implementatif, berdaya guna, dan berhasil guna. Capaian pelaksanaan program/kegiatan dalam Rencana Induk Gerakan PKK sampai dengan tahun 2023 berkorelasi dengan program pemerintah dan pemerintah daerah, seperti penanganan stunting, kegiatan sosial, peningkatan pengetahuan dan keterampilan tentang tatalaksana rumah tangga, serta program unggulan Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana.

 

Ellen Cumentas mengakhiri sambutan Ketua Umum dengan mengucapkan terima kasih kepada seluruh kader PKK di Indonesia atas kontribusi, dedikasi, dan kerja keras mereka dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di tengah masyarakat. (hak)