Iklan

July 9, 2024, 03:18 WIB
Last Updated 2024-07-09T10:18:59Z
Mitra

Tingkatkan SDM Para Kader TP-PKK, Isteri Wakil Gubernur Sulut Devi Tanor Kunjungi Mitra


Jurnal,Mitra - Guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi para kader Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), Isteri Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw Ny dr.Kartika Devi Kandou Tanos, MARS kunjungi Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).


Dalam kunjungannya di Kabupaten Mitra Istri Wagub Sulut tersebut membawahkan materi terkait peningkatan kapasitas Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga. di kantor Bupati Selasa 9/7/24.


Devi Tanos selaku Sekertaris TP-PKK Provinsi Sulut kepada media mengatakan, kegiatan tersebut sudah menjadi program tahunan dari TP-PKK Provinsi Sulut yang diketuai, Ir.Rita Dondokambey Tamuntuan. "Adapun tujuan pemberian materi, untuk meningkatkan SDM bagi para kader PKK yang ada di Kabupaten / Kota. Jadi dari sekertariat, Pokja satu, dua, tiga dan empat," ujar Tanos.


Sementara itu, Penjabat Bupati Mitra Ir. Ronald Sorongan, M.Si dalam sambutannya yang disampaikan Sekertaris Daerah David H Lalandos, AP, MM mengatakan, pemberdayaan dan kesejahteraan Keluarga sebagai wadah kegiatan wanita yang mempunyai peran dalam membantu program pemerintah melalui gerakan yang bertujuan mewujudkan keluarga sehat, sejahtera, maju dan Mandiri. "Para kader PKK menjadi ujung tombak untuk mensukseskan terwujudnya program pemerintah dengan tiga pilar yaitu, pen didikan, kesehatan tercantum dalam sepuluh program PKK. Karena untuk mencapai semua itu diperlukan komitmen yang tinggi serta kemampuan keterampilan (Skill) para kader-kader PKK disetiap jenjang," ujar Lalandos.


Lebih lanjut dikatakan Lalandos, kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang ditempuh tim pengerak PKK dalam rangka meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan peran serta PKK dalam mendukung kinerja PKK serta meningkatkan administrasi PKK. "Saya berharap, kegiatan ini dapat memberikan dampak positif untuk memberikan pemahaman dan mempertajam seputar kebijakan pemerintah dalam memperkuat peran pengurus PKK, serta meningkatkan wawasan PKK dan Memaknai kegiatan ini. Kegiatan ini sebagai nilai tambah untuk PKK Kedepannya," terang Sekda.


Iapun berharap, melalui momentum pelatihan ini, selain meningkatkan kompetensi, hendaknya menjadi langkah tepat kita bersama untuk memperkuat komitmen dalam memperdayakan serta menggerakkan peran PKK dalam mempercepat akselerasi pembangunan daerah. "Ini sesuai dengan tugas, fungi serta perannya dalam mensejahterakan keluarga," pungkas Sekda.


Kegiatan tersebut dihadiri Ketua TP-PKK Kabupaten Mitra Ir.Ellen Cumentas, M.Si, SP-1, Sekertaris Daerah David H Lalandos, AP.MM, Ketua DWP Mitra Ny. Lingkan Lalandos-Mumekh, M.Si, Kepala Dinas PMD Mitra Franky Wowor, S.Sos, bersama seluruh pengurus TP-PKK Kabupaten Mitra serta di tingkat Kecamatan sampai Desa.(hak)