Iklan

January 26, 2016, 16:02 WIB
Last Updated 2016-01-27T00:02:04Z
Manado

Dana Pilwako Diduga Dihambat Walikota. Warga inisiatif Kumpul Koin

Jurnal,Manado – Waktu penyelenggaraan Pilwako semakin dekat. Anggaan tambahan yang diminta KPU Kota Manado tidak jelas. Wargapun Gerah dengan sikap Penjabat Walikota Manado yang terkesan memperlambat proses pengadaan dana untuk penyelenggaran Pilwako Manado 17 Februari Manado mendatang. Akhirnya, warga kemudian berinisiatif melakukan Gerakan Koin Peduli Demokrasi Manado, berkaca dari beberapa sukses pengumpulan dana lewat koin peduli yang telah dilakukan sebelumnya.
Inisiatif ini difasilitasi sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang tak ingin Pesta Demokrasi Manado tertunda, yang membuat keberadaan Walikota Manado yang legitimatif  jadi makin tertunda pula. “Kami hanya ingin hak kami untuk memilih Walikota Manado pilihan rakyat lewat mekanisme pemilihan kepala daerah (Pilkada, red) tidak ditunda-tunda lagi. Jangan sampai masalah anggaran membuat Manado terancam tak bisa melaksanakan lagi Pilkada. Karena sesuai amanat undang-undang, pelaksanaan Pilkada Manado itu masuk dalam Pilkada Serentak Tahap I. Jadi, jika tidak segera dilaksanakan, maka pada Pilkada Serentak Tahap II tahun 2017 mendatang, Manado tidak ada lagi dalam peta daerah yang melaksanakan pilkada. Sampai kapan posisi Manado seperti ini?,” ketus Tommy Sumelung SH, Ketua DPD Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) Sulut ini, Selasa (26/1/2016) sore.
Hal senada juga dilontarkan LSM Masyarakat Jaring Koruptor Sulut (MJKS). “Harusnya Pemkot Manado tidak punya alasan untuk menyertakan alasan dana untuk menggagalkan Pilkada manado. Karena salah satu tugas Penjabat Walikota Manado yang memimpin Kota Manado adalah menyukseskan penyenggaraan Pilakada Manado. Jadi, bagaimana pun caranya, harusnya dana tersebut diupayakan. Kecuali tentu jika ada agenda lain dari Penjabat Walikota Manado saat ini,” timpal Stenly Towoliu, Ketua MJKS.
Diketahui, masyarakat Manado sebenarnya sudah mendapatkan kejelasan kapan pelaksanaan Pilkada Manado. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan hari H pemungutan suara digelar Rabu, 17 Fabruari 2016 mendatang. Keputusan ini sudah secara resmi diumumkan KPU Manado kepada tiga pasangan calon dalam acara sosialisasi dan penyampaian Keputusan KPU Manado Nomor 01/Kpts/KPU-Mdo-023/Pilwako/2016 tentang Perubahan Atas Keputusan KPU Manado Nomor 01/Kpts/KPU-Mdo-023/Pilwako/2015 tentang Pedoman Teknis Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Manado tahun 2015, di Hotel Swissbell Manado, Sabtu (23/1) malam lalu.(man)