Iklan

May 29, 2013, 09:57 WIB
Last Updated 2013-05-29T16:57:32Z
NasionalUtama

Nuh Lapor Ada Dugaan korupsi di Kementrian Pendidikan

JAKARTA-Menteri pendidikan dan kebudayaan M Nuh tiba-tiba mendatangi gedung KPK. Rupanya kedatangan Nuh untuk melaporkan hasil investigasinya adanya dugaan korupsi di Kementerian yang dipimpinnya.

"Saya sampaikan hasil pemeriksaan dari inspektorat seperti apa. Terus juga saya minta kepada Dirjen Plt waktu itu coba diklarifikasi seperti apa. Dari situlah ketua laporan baik dari inspektorat maupun hasil klarifikasi itu kami sampaikan ke KPK untuk dipelajari di KPK ini," kata Nuh, di KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta, Rabu (29/5/2013) malam.

Nuh mengatakan, yang dapat menentukan apakah ada penyelewengan atau tidak adalah KPK. Pihaknya hanya bertugas menyampaikan hasil investigasi untuk diklarifikasi.

"Jadi memang benar ada penyimpangan atau tidak, kami nggak punya kewenangan menentukan menyimpang atau tidak. Kami juga melaporkan ke BPKP betul tidak ada penyimpangan. Ini bagian dari klarifikasi," ujar Nuh.

Itjen kemendikbud Haryono Umar sempat menyampaikan banyaknya dugaan penyimpangan APBN-P 2012 di Ditjen Kebudayaan. Termasuk dugaan adanya penggelembungan dana di luar batas kewajaran dari APBN-P Ditjen Kebudayaan sebesar Rp 700 miliar. Haryono sudah menyampaikan kepada Wakil Mendikbud Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti terkait dugaan adanya korupsi di kemendikbud itu.