Iklan

October 16, 2013, 01:21 WIB
Last Updated 2013-10-17T15:11:30Z
Kesehatan

Ratumbuysang Usulkan Panti

Jemmy Lampus
Jurnal,Manado-Diakui Direktur Rumah Sakit Ratumbuysang, Jemmy Lampus bahwa selama ini RS telah melaksanakan pelayanan kepada masyarakat yang tidak mampu lewat Jamkesmas dan jamkesda. Khusus untuk pelayanan Universal Coverage (UC) diakui ada kendala-kendala dilapangan terutama masalah untuk mengklaim pelayanan. "Untuk klaim yang pendanaan ke askes ternyata masih belum terbayar dan sekarang ini askes hanya akan menanggung biaya yang hanya memegang kartu. Begitu cepatnya keputusan UC dan harus jalan sementara perangkat belum disiapkan meski demikian RS ratumbuysang sudah melayani. Dan memang jika diserahkan ke UC dijamin tidak mampu makanya digabung dengan jamkesmas," ujar nya.
Begitu juga kerjasama yang dilaksanakan dengan Dinas Sosial dan Pemkot Manado dimana Ratumbuysang diberikan wewnang untuk mengklaim jamkesmas. Meski demikian, persoalan yang terjadi di RS yaitu tidak adanya panti untuk menampung para pasien yang khusus jiwa.
"Untuk itu kami telah berhubungan dengan steakholder untuk pembuatan panti bersama dinas sosial. Nantinya akan di usulkan pada APBD 2014," pungkas Jemmy.(man)