Iklan

December 10, 2013, 03:22 WIB
Last Updated 2013-12-10T11:22:30Z
DPRD Sulut

Bank Sulut Butuh Suntikkan Dana

Hearing Pansus Penyertaan Modal dan BI
Jurnal,Manado-Rapat Panitia Khusus (Pansus) penyertaan modal bersama perwakilan Bank Indonesia yang diwakili oleh Kepala Wilayah (Kanwil) Bank Indonesia (BI), Tapiheru membahas target yang harus dicapai oleh bank sulut terkait dengan modal bank sebanyak 1 triliun. Pasalnya kondisi ‘Torang pe Bank’ sekarang ini perlu modal yang besar agar dapat beroperasi dengan baik.

“Modal bank harus 1 triliun. Capaian tersebut  harus dicapai agar bank sehat. Batas waktunya hingga 2014,” ujarnya, Selasa (10/12) kemarin, diruang rapat DPRD Sulut.

Selain itu pula, Ia menjelaskan bahwa tidak ada aturan yang mengikat siapa yang harus menjadi pemegang saham. Mengingat kondisi sekarang ini, bank sulut membutuhkan suntikan dana, untuk itu siapa saja bisa melakukan permodalan demi operasional bank yang lebih kuat dan lebih nyaman.

“Jika tidak maka istilahnya cuci darahlah, apalagi Bank Sulut merupakan agen bank pembangunan di sulut. Jika pemda tidak kuat maka bisa mencari pemodal dari luar,” jelas Tapiheru.

Terkait dengan adanya penyertaan modal dari Pt Mega Coorporate kata Tapiheru, tidak ada persoalan selagi disetujui oleh pemda. Meski demikian, Mega Co sendiri tidak boleh melebihi saham sebesar 30 persen sebab perusahaan tersebut adalah lembaga keuangan.


“Diakan lembaga keuangan, dalam aturan memang tidak diperbolehkan kalaupun boleh harus ada persetujuan dari BI,” pungkas Tapiheru.(man).