Iklan

December 16, 2013, 04:51 WIB
Last Updated 2013-12-16T12:51:58Z
Boltim

Bantuan Kube Modayag Diduga Bermasalah

 Maaruf Mamonto
Jurnal Manado, Boltim - Bantuan Kelompok Usaha Bersama (Kube) dari kementrian sosial yang disalurkan melalui Dinas Sosial Bolaang Mongondow Timur (Boltim) diduga disalah gunakan. Dimana, bantuan senilai 20 juta per kelompok tersebut terinformasi adalah bantuan dari salah satu Partai Politik (Parpol).

Informasi diperoleh Jurnal Manado pada Senin (16/12), di desa Modayag, dana bantuan tersebut disalurkan tidak sesuai dengan nominal yang sesungguhnya. Menurut sumber yang enggan disebutkan, bahwa oknum ketua kelompok memangkas bantuan tersebut, yang seharusnya diterima 2 juta perkelompok, namun yang terjadi justru tidak demikian.

"Setiap kelompok ada 10 orang, seharusnya setiap anggota dapat 2 juta. Tapi yang diterima ada yang 500 ribu, ada juga 1,5 juta.  Saat pengusulan juga, ada informasi bahwa ini adalah program partai," tutur sumber, yang meminta identitasnya disembunyikan.

Sementara itu, kepala dinas sosial, Maaruf Mamonto saat ditemui mengatakan, pihaknya sudah menerima terkait persoalan itu, dan dirinya langsung menurunkan tim pendamping untuk meninjau langsung dilapangan kondisinya seperti apa.

"Saya sudah telfon ketua KUBEnya, dan dia sudah minta maaf. Di juga berjanji akan memanggil kembali anggotanya untuk membicarakan persoalan itu," kata Mamonto.

Dia juga membantah soal informasi terkait bantuan KUBE adalah program dari salah satu Parpol. Katanya, bantuan yang bersumber dari APBN itu murni bantuan Pemerintah pusat bukan dari salah satu parpol.

"Ini bantuan pemerinah bukan program Partai. Kasihan juga masyarakat jika bantuan ini disalahgunakan. Bantuan diberikan untuk kelompok usaha, jadi jangan disalahgunakan," tutur Maaruf (Billy)