Iklan

December 16, 2013, 04:49 WIB
Last Updated 2013-12-16T12:49:11Z
Boltim

Jelang Natal, Polsek Kotabunan Gelar Operasi Pekat

AKP Teddy Pontoh
Jurnal Manado, Boltim - Dalam rangka Menjelang perayaan Natal dan Tahun baru, kepolisian sektor (Polsek) urban Kotabunan meningkatkan operasi terhadap penyakit masyarakat (Pekat).

Kepala Polsek Urban Kotabunan, AKP Teddy Pontoh mengatakan pihaknya telah meningkatkan operasi rutin untuk menjaring penyakit masyarakat seperti judi dan minuman keras (miras). Hal ini dilakukan untuk menjamin keamanan menjelang natal. "Dalam waktu dekat akan digelar juga operasi lilin, yang akan dilakukan bersama Polres," ungkap Teddy, kepada sejumlah wartawan,senin (16/12).

Polisi merazia penjual petasan dan sperak yang marak menjelang natal. Dia menegaskan kedua barang tersebut dilarang keras untuk dijual. Sebab akan menganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.
"Petasan dan sperak dilarang. Kalau masyarakat kedapatan menjual itu akan kita serahkan ke reskrim. Ada sanksi pidana. Kecuali kembang api tidak," tegasnya.

Teddy menambahkan saat ini pihaknya juga sedang menggelar operasi zebra bagi pengendara di jalan raya. Upaya tersebut dilakukan untuk menertibkan knalpot racing. "Setiap hari operasi zebra kami lakukan, untuk menjaring knalpot racing dan pelanggaran lalu lintas lainnya." tuturnya.

Dia mengharapkan partisipasi masyarakat dalam menjaga kantibmas di lingkungannya masing-masing. Terutama bagi warga yang merayakan natal untuk dapat melaksanakan dengan aman. "Diharapkan untuk tidak menggunakan minuman keras," ucapnya.

Teddy menghimbau agar masyarakat waspada terhadap aksi pencurian yang bisa saja terjadi dan menimpa warga. Selain itu menginformasikan apabila ada pendatang baru ke kepolisian atau pemerintah setempat agar dapat dideteksi.

"Kalau rumah ditinggalkan dipastikan terkunci dan tak ada lagi kompor yang masih menyalah untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan," imbaunya. (Billy)