Iklan

December 9, 2013, 04:08 WIB
Last Updated 2013-12-09T12:08:56Z
Boltim

Promkes Gelar Pelatihan Penyuluh Kesehatan

Jurnal Manado, Boltim – Dalam rangka lebih meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat terutama di tahun 2014, Dinas Kesehatan kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui bidang Promosi Kesehatan (Promkes), pada Senin (09/12), menggelar pelatihan tenaga penyuluh kesehatan.

Pelatihan yang berlangsung di penginapan Safira, desa Tombolikat tersebut , di hadiri Kepala Bidang (Kabid) Promkes Syahrudin Mokoginta AMKL, Kasie Media dan Promosi Tendy Ponubu SKM, serta para peserta latihan yang terdiri dari kader tenaga kesehatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

Sementara itu, Kabid Promkes Syahrudin Mokoginta AMKL, dalam sambutannya mengatakan, pelatihan tersebut diselenggarakan untuk lebih mengoptimalkan kinerja dari kader Posyandu. Kata dia, Posyandu merupakan salah satu tempat pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang mempunyai nilai strategis untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) sejak dini.

“Kader kesehatan sangat diperlukan, terutama untuk kelancaran akan terselenggaranya pelayanan kesehatan terhadap masyarakat secara baik. Sebab kader ialah perantara antara masyarakat dengan tenaga kesehatan. Akan itu, untuk kelancaran dibutuhkan pendidikan, latihan, dan suvervisi secara berkesinambungan,” kata Syarudin.

Dikatakannya pula, dalam pelatihan kader penyuluh akan dibekali beberapa program yang nantinya akan dijalankan dinas kesehatan pada tahun 2014. Kata dia, program tersebut yakni Jaminan Kesehatan Nasional (Jamkesnas).

“Selain pelatihan penanganan kesehatan, para kader juga diajarkan beberapa program Dinkes, termasuk program Jamkesnas yang nantinya akan running pada 2014 nanti,” ujar Syahrudin. (Billy).