Iklan

March 20, 2014, 05:09 WIB
Last Updated 2014-03-20T12:09:43Z
Manado

Walikota : Kerja Dulu baru Dibayar

Jurnal,Manado-Walikota Manado, G.S. Vicky Lumentut mengajak kepada para guru di Kota Manado, untuk bisa meningkatkan kualitas lulusan anak didik dalam menatap Ujian Nasional (UN) yang tidak lama lagi akan digelar. Hal ini disampaikan Walikota Lumentut ketika menghadiri Sosialisasi Perwako 2014 Kamis (20/03) di aula Bethany Families Wanea.

Dijelaskan GSVL, dalam menatap masa ujian yang sudah didepan mata bagi anak didik di sekolah, maka dituntut pula bagi para pengajarnya atau kalangan guru, untuk kerja keras dan tulus memberikan ilmu pengetahuan bagi para siswa yang akan mengikuti ujian nasional itu.

Menurut Ketua Asosiasi Walikota se-Indonesia ini, seperti jadwal ujian yang telah ditentukan Pemerintah pusat. Memasuki bulan April mendatang, pelajar di tingkat SMA/SMK dan sederajat sudah akan mengikuti Ujian Nasional yang diikuti tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama) hingga SD (Sekolah Dasar). 

"Jelang Ujian Nasional, para guru kiranya bisa meningkatkan kwalitas lulusan anak sekolah. Kita harus tingkatkan SDM pelajar, itu tak lepas peran serta guru yang ada,"jelas GSVL.
Ditambahkannya, seperti diketahui belum lama ini. Ada aturan dan edaran dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Yakni tidak boleh memberi tambahan penghasilan, melebihi satu sumber dana yang berasal dari APBD atau APBN. Dikarenakan guru menerima dana Sertifikasi, yang tak lain adalah pemberian tambahan untuk peningkatan kinerja dan kwalitas tenaga pendidik. 

Maka tenaga pendidikan, tidak bisa menerima TPP (Tunjangan Tambahan Penghasilan) seperti PNS yang ada di lingkungan Pemkot Manado. Maka itu akan dipikirkan untuk diberi tambahan uang makan dan minum, semoga itu bisa membantu kalangan guru yang ada. "Mohon maaf, karena itu aturan dari BPK. Maka pihaknya tidak bisa memberikan TPP bagi guru, tapi itu nantinya akan diberi uang makan minum, terimalah dengan lapang dada. Yang jelas jangan berbenturan dengan aturan dan hukum yang ada," ujar GSVL seraya mengingatkan TPP dan uang makan diberikan sesudah pegawai itu bekerja bukan seperti gaji, belum kerja tapi sudah mendapat gaji per bulannya. 

Hajatan sosialisasi dengan para Kepala Sekolah (Kepsek) dan guru di kota Manado ini dihadiri Sekretaris Diknas Kota Manado, Dra Corry Tendean, Camat Wanea, Drs Sammy Kaawoan MAP, dan Lurah Wanea, Agus Panekenan SE.(luq)