Iklan

April 17, 2014, 09:06 WIB
Last Updated 2014-04-17T16:09:24Z
Utama

Media usulkan 11 nama Calon penerima Anugerah Kebahasaan

Pembahasan Media dengan Balai Bahasa Provinsi Sulut
Jurnal,Manado- Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa - Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara hari ini (17/04) mengadakan pertemuan dengan sejumlah perwakilan Media Massa, baik Media elektronik, Media cetak dan Media Online yang ada di Manado yang membahas tentang Pengusulan nama-nama tokoh yang akan dicalonkan sebagai penerima Anugerah Kebahasaan Tingkat Nasional, menurut perspektif media. Pertemuan yang dilaksanakan disalah satu Hotel berbintang di Manado ini, berjalan alot namun lancar dan melalui pembahasan dan adu argumentasi tentang para tokoh yang diusulkan, dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara, Ratun Untoro, M.Hum mengatakan, penilaian ini dalam rangka meningkatkan keteladanan berbahasa pada tokoh masyarakat dan ketertiban berbahasa di masyarakat. Untuk itu, masing-masing perwakilan Media diminta mengusulkan nama-nama tokoh baik Nasional maupun Daerah yang layak dicalonkan sebagai penerima Anugerah tersebut.

Dari pembahasan tersebut, terpilihlah 11 nama yang dinilai layak untuk dicalonkan sebagai Calon penerima Anugerah Kebahasaan. Para Calon tersebut yakni :

1.   Gita Wirjawan (Kategori Pembuat Kebijakan Nasional)
2.   Gubernur Sulut SH.Sarundajang (Kategori Pembuat Kebijakan Daerah)
3.   Walikota Manado GS.Vicky Lumentut (Kategori Tokoh Politik)
4.   Wakil Walikota Dr.Harley Mangindaan (Kategori Tokoh Pemuda)
5.   Ketua GP Anshor Benny Rhamdani (Kategori Tokoh Pemuda)
6.   Gembala Teddy Bataavina (Kategori Tokoh Agama)
7.   Budayawan, Drs.H Joseph Anies (Kategori Tokoh Budaya)
8.   Beny Mamoto (Kategori Tokoh Budaya)
9.   Ir. Jimmy Asiku (Kategori Tokoh Ekonomi)
10. Suhendro Boroma (Kategori Tokoh Sosial)
11. Dubes RI untuk Rusia, Jouhari Oratmangun (Kategori Tokoh diplomat Asing)

Kesebelas nama Calon penerima anugerah ini selanjutnya akan diproses kelayakannya oleh Badan Bahasa dan ketetapan penerima Anugerah tersebut akan diumumkan pada kegiatan Seminar Bahasa dan Lokakarya Lembaga Adat (Semiloka) yang rencananya akan diselenggarakan tanggal 19 - 22 Mei 2014 dalam rangkaian acara peresmian Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan, Badan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (man/luq)