Iklan

April 25, 2014, 05:19 WIB
Last Updated 2014-05-02T12:19:57Z
DPRD Manado

Peran Serta Masyarakat paling Penting dalam Pembangunan

Benni Parasan
Jurnal,Manado-Peran serta masyarkat terkait dengan pembangunan di Kota Manado sangat penting sebab tanpa peran serta masyarakat, maka cita-cita pembangunan berbasis masyarakat tidak akan terwujud. Demikian dikatakan Anggota Komisi C, Benni Parasan.

Menurutnya pembangunan berbasis masyarakat dimaksud adalah pembangunan dari dan oleh masyarakat. Implementasi dari pembangunan berbasis masyarakat adalah pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) desa/kelurahan yang dilaksanakan di setiap desa dan kelurahan.

Pelaksanaan Musrenbang tersebut dapat menjaring aspirasi masyarakat dalam usulan pembangunan baik yang dibiayai APBD Kota Manado, APBD Propinsi atau APBN. Termasuk juga pembiayaan pembangunan dari ADD desa yang bersangkutan. Melalui Musrenbang ini juga dituntut dukungan dan partisipasi masyarakat dalam penyediaan lahan-lahan atau tanah yang terkena pembangunan fisik, sebab selama ini yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pembangunan fisik adalah pembebasan lahan.

“Kadang kita tidak bisa pungkiri, bahwa setiap lahan atau tanah mereka yang menjadi lokasi pembangunan ada ganti-ruginya. Itu sebabnya Pemerintah harus mampu mensosialisasikan mengenai lahan yang perlu ada ganti rugi dan tidak,” papar Parasan.(**/luq)