Iklan

April 5, 2014, 04:32 WIB
Last Updated 2014-04-05T11:32:35Z
Manado

Wawali 'Bang Ai' terima dua Pengusaha China

Wawali bersama pengusaha dari China
Jurnal,Manado- Pengusaha perjalanan asal China, Jia Cheng Guo dan Chang I Fei didampingi pengusaha wisata asal Sulut, Daniel Jacob, Kamis (4/04) bertemu dengan Wakil Walikota Manado, Harley Mangindaan.
Dalam pertemuan non formal tersebut, kedua pengusaha ini menyampaikan keinginan untuk menjajaki kerjasama dengan kota Manado dalam bidang pariwisata. Menurut Cheng Guo, animo wisatawan asal Cina terhadap kota Manado cukup tinggi. Manado dipandang sebagai alternatif tujuan wisata yang menarik selain Bali.

Kedua pengusaha Cheng Guo dan I Fei bahkan menggunakan nama "Wenang" untuk perusahaan perjalanan wisata yang mereka kelola, yang tersebar di China dan Taiwan. Nama ini digunakan setelah cukup lama bekekerjasama dengan perusahaan Wenang di Manado.
Dalam skenario kerjasama yang diusulkan, pemerintah kota Manado menyediakan ijin bagi penerbangan langsung (direct flight) rute Manado dengan kota-kota di Cina. Wawali 'Bang Ai' Mangindaan sendiri sangat antusias dengan usulan kerjasama tersebut. 

Menurutnya, kota Manado harus menyiapkan infrastruktur yang memadai bagi wisatawan asal China. Bukan hanya penerbangan, tapi juga fasilitas penginapan, transportasi, dan obyek wisata itu sendiri.

"Banyak yang harus disiapkan, tapi saya yakin kota Manado akan siap. Sesuai konsep destinasi terpadu, yg menjadi bagian dari Geowisata Sulut, yang harus berbenah bukan hanya Manado, tapi juga daerah sekitarnya Bitung dan Minahasa Utara. Yang pasti, keinginan para pengusaha ini sangat besar manfaatnya bagi Manado maupun Sulawesi Utara", jelas Wawali 'Bang Ai'. (luq)