Iklan

May 12, 2014, 12:02 WIB
Last Updated 2014-05-12T19:02:24Z
Bolmong

Bangunan RS Lolak Terbengkalai

Bangunan RSUD di Desa Lalow Kec. Lolak tidak terawat
Jurnal,Bolmong- Proyek pembangunan gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Desa Lalow Kecamatan Lolak belum rampung. Meski sudah mulai dibangun sejak 2008, minimnya alokasi anggaran membuat RS milik Pemkab itu belum beroperasi. Bahkan, saat ini kondisi gedung terbengkalai. Halamannya dipenuhi rumput lebat menjadi tempat mencari makan dan tempat berteduh hewan ternak.

Hingga RS tersebut dipenuhi kotoran hewan.
“Kondisi bangunan RS saat ini memprihtinkan. Jutsru kami curiga proses perencanaan pembangunanya tidak matang,” kata Ketua Gerakan Pemuda Cinta Tanah Lahir (Garputala) Bolmong, Adriadi Paputungan.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), drg Rudiawan, mengatakan RS memang sangat dibutuhkan masyarakat. Namun, pembangunannya harus disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah. Makanya, dilaksanakan secara bertahap. “Tahun ini alokasi anggaranya ada. Rencananya, dibangunan ruangan baru dan pengadaan instalasi listrik dan air,” ujarnya.

Jika fasilitas tersebut sudah ada kata Rudiawan, maka bangunan tersebut segera ditempati.
Direktur RSUD Datoe Binangkang, dr Sahara Albugis, menjelaskan  bahwa bangunan RS itu tetap akan digunakan. Pembangunannya dilaksanakan secara bertahap, di mana 2013 sudah ada 34 tempat tidur. “2014 ada pembangunan ruang baru, pemasangan instalasi listrik dan air. Selain itu dibangun juga apotik,” kata Sahara. (sdb)