Iklan

May 6, 2014, 06:26 WIB
Last Updated 2014-05-06T13:26:24Z
Manado

Wawali : Jaga Keamanan bersama saat berlangsungnya PSU

Wawali saat memantau pelaksanaan PSU
Jurnal,Manado - Pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka terkait Pencermatan dan Pembetulan Data Perolehan Suara Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Manado yang dilaksanakan di Sekolah Teknik Menengah (STM), Selasa (6/05), dipantau langsung Wakil Walikota Manado, Harley Mangindaan.
Terlihat Wawali mengitari 11 ruangan yang dipakai untuk perhitungan ulang suara.
"Saya melihat pelaksanaan perhitungan ulang sudah berjalan dengan baik. Harapannya, setelah ini tidak ada lagi persoalan yang timbul baik dari panitia penyelenggara pemilu maupun para calon legislatif dan saksi masing-masing partai," terangnya.

Pelaksanaan perhitungan kembali untuk pencermatan dan pembetulan data di tingkat DPR RI, DPD maupun DPRD Provinsi dan Kota Manado bertujuan untuk mendapatkan hasil yang benar-benar bersih dan data yang valid.
"Ini merupakan langkah yang baik dari penyelenggara dan seluruh warga manado khususnya dalam berdemokrasi dan untuk mengembalikan kepercayaan kepada masyarkat. Untuk itu kami berharap agar pelaksanaan perhitungan suara ulang dapat berjalan dengan aman dan tentram," kata wawali sembari mengucapkan kepada seluruh pelaksana dan caleg serta saksi yang dapat mengikuti pelaksanaan pleno secara tertib. Ia juga berterimakasih kepada kepolisian yang membantu menjaga keamanan dalam pelaksanaan pemungutan suara ulang.
"Kami berharap pelaksanaan ini dapat selesai tepat waktu dan sesuai jadwal yang telah ditentukan," kata Wawali.
Sebelumnya, KPU Sulut Yesi Momongan SH STh telah menjelaskan,  proses penghitungan ulang sesuai rekomendasi Bawaslu RI, KPU Sulut akan mencocokan formulir D-1, dan terus bertingkat ke bawah jika tidak memperoleh kecocokan. "Pertama akan cocokan formulir D-1 milik KPU, Panwas, dan saksi. Jika tidak cocok, baru di lakukan pemeriksaan C-1. Jika C-1 tidak cocok dicek C-1 plano, kalau belum juga makan di hitung kembali fisik surat suara," urai Momongan.
Diketahui, Bawaslu RI merekomendasikan kepada KPU untuk melakukan pencocokan dan pembetulan data kembali terhadap hasil Pemilu 9 April, khusus di kota Manado.(luq)