Iklan

August 12, 2014, 18:38 WIB
Last Updated 2014-08-13T01:38:54Z
Utama

Rel Kereta Trans Sulawesi hanya Makassar ke Parepare

Jurnal,Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung berharap, seluruh Pulau Sulawesi bisa terkoneksi dengan kereta api.

Dengan demikian, akan terkoneksi kota-kota, pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru di Sulawesi, sehingga pertumbuhan ekonominya lebih tinggi, penyerapan tenaga kerjanya lebih besar, kemiskinannya berkurang, maka otomatis kesejahteraan rakyatnya bertambah.

"Pertama kali rakyat Sulawesi bisa melihat sepur. Bahasa Jawanya itu 'kereta api' itu 'sepur'. Karena selama hidup warga Sulawesi itu tidak bisa melihat kereta api. Karena memang tidak ada relnya," ucap pria yang biasa disapa CT di Makassar.

Diuraikannya, proyek KA Trans Sulawesi yang di-groundbreaking-kan merupakan upaya kerja keras yang dilakukan khususnya dari Kementerian Perhubungan. "Kita akan lakukan groundbreaking proyek pembangunan rel kereta api pertama di Pulau Sulawesi dari Makassar ke Parepare. Ini baru awal," tuntas Chairul.

Proyek pembangunan jalur rel single track Makassar-Parepare sepanjang lebih 150 kilometer dalam proyek kereta api Trans Sulawesi yang menelan total dana Rp10 triliun secara resmi diinisiasi oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) sejak beberapa tahun terakhir.

SYL mengundang lima menteri terkait di Kabinet Indonesia Bersatu II untuk melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) di radius Pelabuhan Garongkong, Kabupaten Barru, Sulsel, hari ini, Selasa (12/8/2014).

Gubernur Sulsel itu menghendaki paling cepat per kalender 2015 pembangunan fisik proyek KA Trans Sulawesi sudah berjalan.

"Yang akan kita bicarakan antara lain bagaimana kelanjutan program-program besar yang memang menyentuh kepentingan masyarakat dan sudah direncanakan dari beberapa tahun yang lalu. Dan penundaan tidak boleh terjadi misalnya proyek yang katakanlah sudah di-groundbreaking kemudian terhenti," papar SYL.


Di tempat yang sama, Menteri PU Djoko Kirmanto merasa optimistis proyek KA Trans Sulawesi dapat lekas dikerjakan. "Kalau masuk ke dalam Renstra (Rencana Strategis), anggaran sudah ada, dan desainnya sudah ada, akan di-groundbreaking. Kalau (proyek) yang sudah ada desainnya ya segera (dikerjakan)," tutur Djoko.(okz)