Iklan

September 21, 2014, 04:51 WIB
Last Updated 2014-09-21T11:53:05Z
Internasional

Kisah Alibaba Ma rides 'Forrest Gump' untuk kekayaan

Jurnal,Cina - Dalam jalan panjang untuk kekayaan, pendiri Alibaba Jack Ma mengatakan inspirasinya telah karakter Film "Forrest Gump."

"Saya suka orang itu. Aku sudah menonton film itu sekitar 10 kali," kata Ma dalam sebuah wawancara
,  sebagai perusahaan online Cina-nya membuat debut perdagangan Wall Street yang bersejarah pada hari Jumat.

"Setiap kali saya merasa frustrasi, saya menonton film."

Ma mengatakan pelajaran yang ia pelajari dari blockbuster menampilkan Tom Hanks adalah "bahwa tidak peduli apa pun yang berubah, Anda yang Anda. Aku masih orang saya 15 tahun yang lalu (ketika aku mendapat) $ 20 per bulan."

Ma menjadi bersemangat tentang internet selama kunjungan ke Amerika Serikat pada tahun 1995 dan ingin menemukan cara untuk membawa dunia online ke Cina. Pada tahun 1999, dia meyakinkan teman-teman untuk memberinya $ 60.000 untuk memulai sebuah perusahaan e-commerce yang disebut Alibaba.

Lima belas tahun kemudian, perusahaan adalah raksasa Internet dan Ma - mantan guru bahasa Inggris - adalah di antara jajaran paling atas China super kaya, dengan kekayaan diperkirakan mencapai $ 11000000000
.

Alibaba Group termasuk Tmall.com untuk bisnis-to-consumer transaksi dan Taobao, pasar konsumen China paling populer online dengan ratusan dan jasa juta produk yang tercantum.
Ma, sekarang 50, menyerah pekerjaan mengajar universitas setelah menemukan Internet.

Melihat kesempatan bagi usaha kecil untuk membeli dan menjual barang-barang mereka secara online, ia mulai Alibaba, awalnya menjalankan perusahaan keluar dari apartemennya di kota timur Hangzhou.

"Pertama kali saya menggunakan internet, saya menyentuh keyboard dan saya merasa 'baik, ini adalah sesuatu yang saya percaya, itu adalah sesuatu yang akan mengubah dunia dan mengubah China," kata Ma dalam sebuah wawancara
.

- Dibandingkan dengan Steve Jobs -

Ma telah mengilhami pengabdian yang kuat antara karyawan dan pengguna, menggambar perbandingan dengan akhir Apple pendiri Steve Jobs - meskipun ia mempraktekkan gaya manajemen yang lebih terbuka.

Sebuah pemuja t'ai chi, ia telah membuat referensi untuk seni bela diri Cina di kedua strategi bisnis dan budaya perusahaan.

Porter Erisman, seorang mantan karyawan Alibaba yang membuat sebuah film dokumenter tentang perusahaan, "Buaya di Sungai Yangtze," kata: "Apa Silicon Valley adalah dikenal
untuk, ia mewujudkan banyak yang dengan karakteristik Cina -. bahwa semangat keterbukaan, berani mengambil risiko, inovasi "

Ma lulus dari Institut Hangzhou Guru di jurusan pendidikan bahasa Inggris, dan melanjutkan untuk mengajar di universitas lain di kota, di mana Alibaba masih bermarkas.

Media pemerintah Cina telah mengilap nya kain-ke-kekayaan cerita, mengatakan orang tuanya berpendidikan rendah dan ayahnya bergantung pada tunjangan pensiun bulanan hanya $ 40 untuk mendukung keluarga.

Keberhasilan Ma terbukti setelah Alibaba Taobao dikalahkan eBay di China, memaksa situs lelang AS untuk sebagian besar menarik diri dari negara itu pada 2006.

Dalam bahasa yang khas, ia melemparkan tantangan untuk raksasa internet global di dunia dalam memo yang dikirim ke lebih dari 20.000 karyawan perusahaan seperti itu diajukan untuk IPO.

"Lima belas tahun yang lalu, Alibaba 18 pendiri bertekad untuk mendirikan sebuah perusahaan global Internet berasal oleh orang-orang Cina, dengan harapan hal itu akan menjadi salah satu dari 10 perusahaan internet dunia, sebuah perusahaan yang akan ada untuk 102 tahun," katanya.

Pada hari Jumat, dia mengatakan bahwa ia berharap Alibaba suatu hari akan "lebih besar dari Wal-Mart" dan memiliki dampak besar pada dunia.

"Kami punya mimpi," katanya. "Kami berharap orang mengatakan dalam 15 tahun ini adalah perusahaan seperti Microsoft, seperti IBM." (***)