Iklan

September 30, 2014, 07:09 WIB
Last Updated 2014-09-30T14:09:00Z
Manado

Wawali Sidak Puskesmas, Para Staf Panik

Jurnal,Manado – Warga mempunyai peranan penting untuk mengontrol kinerja pemerintah. Terbukti di Puskesmas Paniki Bawah, warga melaporkan langsung kepada Wakil Walikota Manado Harley Mangindaan, terkait pelayanan para pegawai yang tidak maksimal.

 Hal itu membuat Wawali langsung bergerak melakukan pemantauan langsung skaligus mempertanyakan kepada Kepala Puskesmas tentang laporan yang masuk melalui Hand Phone via Short Message Service (SMS 

“Ada laporan masuk ke saya, Jumat lalu (26/9), saat warga yang membutuhkan Surat Rujukan di Puskesmas ini namun tidak dilayani karena alasan para pegawai semuanya berada diluar kantor karena sedang ada pelayanan posyandu,” Tanya Wawali kepada Kepala Puskesmas Dr Ivone Rimbing sembari menunjukkan bukti sms dari warga. 

Tupoksi saya yang menjalankan fungsi pengawasan dan pembinaan mengantar saya disini untuk mencari tahu kebenarannya, lanjut Wawali. Rimbing sendiri saat dikonfirmasi mengakui kesalahan yang terjadi dan akan mengecek oknum yang menyampaikan bahwa seluruh staf sedang berada diluar kantor saat kejadian terjadi. 

“Kami memohon maaf jika pelayanan yang diberikan belum begitu maksimal dan kami berharap ini dapat menjadi pelajaran bagi kami untuk lebih baik kedepannya. Surat Rujukan wajib dikeluarkan saat diperlukan namun harus melalui prosedur antara lain sang pasien harus berada di puskesmas tersebut. Bukan hanya dengan meminta selembar surat rujukan namun sang pasien tidak ada. Mengenai pernyataan bahwa tidak ada staf yang ada di Puskesmas saat itu, kami nyatakan tidak benar karena tidak semua pegawai saat itu berada diluar kantor,” terang dr. Ivonne dan berjanji akan menelusuri oknum staf yang mengeluarkan pernyataan yang mencoreng citra puskesmas yang baru berhasil meraih penghargaan tersebut. 

Wawali sendiri mengingatkan kembali agar kejadian seperti ini tdak terulang lagi sehingga pelayanan masyarakat tetap berjalan dengan baik dan dilaksanakan sepenuh hati. Sebelumnya, ketika Wawali masuk ruangan puskesmas, para staff terlihat berlarian masuk ke ruangan masing – masing, pasien yang berada dipuskesmas pun tersenyum mencibir lihat ulah orang – orang berseragam. Usai dari Puskesmas Paniki Bawah, Wawali melakukan pemantauan di Pasar Paniki Bawah dan berinteraksi dengan para pedagang di lokasi tersebut. “ Mari torang jaga kebersihan pasar ini setiap saat dan jangan hanya sermonial bersih-bersih saat ada penilaian adipura. Pasar yang bersih tentunya membuat para pedagang dan pengunjung sehat dan nyaman dalam melakukan transaksi jual beli,”tutur Wawali yang didampingi oleh Camat Mapanget, Rivobudiarto Koloai.(man)