Iklan

December 22, 2014, 03:46 WIB
Last Updated 2014-12-22T11:47:19Z
Manado

9 Sekolah Masuk Adiwiyata Nasional

Jurnal,Manado- Wakil Walikota Manado DR.Harley Mangindaan SE.MSM mewakili Pemerintah kota Manado menghadiri puncak acara pemberian Penghargaan Adiwiyata dan Sarasehan Adiwiyata Nasional Senin, (22/12/2014) bertempat di Auditorium Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat. Sebanyak 6.400 sekolah  telah mengikuti program Adiwiyata dan 1.161 telah mencapai kriteria Adiwiyata Nasional, serta 290 sekolah telah mencapai kriteria Adiwiyata Mandiri. 

Kegiatan ini merupakan satu bentuk kegiatan dalam rangka pengembangan pendidikan lingkungan hidup. Program Adiwiyata ini dikembangkan secara berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten/kota, Propinsi, Nasional dan Mandiri.

Manado sendiri ada 9 sekolah yang masuk dalam Adiwiyata Nasinal 2014 dari 498 sekolah se Indonesia. Kegiatan yang dirangkaikan dengan Hari Cinta Puspada Satwa Nasional (hcpsn).

Dalam sambutannya Anis Basweden Ph.D selaku Menteri pendidikan dan kebudayaan mengatakan sangat bersyukur bisa hadir bersama dengan para guru dan sekolah yang giat membangun lingkungn hidup.
"institusi pendidikan harus berada digaris depan untuk membangun lingkungan hidup." ujar Anis. 

Sedangkan Menteri lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.M.Sc. dalam sambutannya mengatakan pendidikan lingkungan merupakan salah satu strategi utama dalam mengatasi lingkungan hidup disekitar kita.
Menurutnya, pemahaman tentang lingkungan hidup perlu dibangun agar masyarakat dapat memahami potensi, tata cara pengelolaan serta antisipasi dampak lingkungan.

Sementara itu, Wawali yang mewakili pemerintah Manado mengatakan, pemahaman yang cukup semenjak di bangku sekolah maka akan mendorong partisipasi masyarakat untuk peduli lingkungan.

"perubahan perilaku peduli lingkungan dapat diterapkan di sekolah karena anak didik merupakan wajah masa depan. Rubah perilaku membuang sampah menjadi mengelola sampah agar di kemudian hari siswa tersebut bisa memberi contoh dikeluarga."ujar Wawali. 

Ia  juga mengatakan seperti yang diutarakan Menteri pendidikan dan menteri LHK bahwa masalah lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama. 

"Masalah lingkungan hidup, masalah kebersihan dan juga banjir merupakan tanggung jawab kita semua bukan hanya pemerintah tapi juga kita sebagai masyarakat yang perduli lingkungan."

Dalam acara tersebut, Wawali juga didampingi oleh kepala badan Lingkungan Hidup Kota Manado Heri Saptono serta 9 kepala sekolah penerima Adiwiyata Nasional,SDN 48 Manado,SMPN 7 Manado,SMA 2 Manado,SMA 3 Manado,SMA N 9 Manado,SMA N 8 Manado,SMK N1 Manado,SMKN 4 Manado,SMK N5 Manado.(luq)