Iklan

December 15, 2014, 04:33 WIB
Last Updated 2014-12-15T12:33:58Z
Manado

GSVL : Alm.Freddy Sualang adalah Figur yang Paripurna

Jurnal,Manado- Disela kesibukan tugasnya, Walikota GS. Vicky Lumentut Senin Pagi tadi (15/12/2014) menghadiri Ibadah pelepasan Mantan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Freddy Sualang yang meninggal 12 Desember 2014 lalu.
 
Dalam penyampaiannya, Walikota mengaku sangat terkejut dan terpukul saat mendengar kabar meninggalnya salah satu tokoh yang jadi panutannya, dimana Alm. pernah menjadi atasannya saat menjabat sebagai Kepala Biro Pembangunan di Kantor Gubernur Sulut beberapa tahun silam. Secara pribadi, Alm. Freddy Sualang merupakan figur yang Paripurna yang pernah dikenalnya. 

Selain malang melintang di dunia politik, pemerintahan dan ekonomi. Alm. Pak Sualang, dikenal sebagai seorang pelayan yang patut diteladani karena punya misi kerohaniaan yang benar-benar patut di contoh bukan hanya ditengah keluarga tapi di tengah masyarakat juga. "Saya mengenal Alm Pak Freddy Sualang sebagai sosok yang sempurna atau Paripurna, selain sosok yang low profile. Alm Pak Sualang pekerja keras yang patut di tiru," ujar Walikota GSVL seraya meminta pihak keluarga untuk bisa tabah dan mengaminkan rancangan Tuhan tersebut. 
  
Alm Freddy Harry Sualang menjabat sebagai Wakil Gubernur Sulut dalam dua periode, Alm. juga adalah merupakan orang tua Wakil Ketua DPRD Kota (Pimdekot) Manado, Richard Sualang.
Meninggal dalam usia 64 tahun, meninggalkan seorang istri Ny Sus Pangemanan dan dua putra Richard dan Rivo serta tiga orang cucu. Ibadah pelepasan dipimpin Sekretaris Sinode GMIM, Pdt Hendry Runtuwene STh MSi dan dihadiri sejumlah pelayat seperti Sekot Manado, Ir Harfey Sendoh, Drs Ramoy Markus Luntungan dan istri, serta pejabat teras Pemkot Manado yang ada.
 
Alm. dilepas dari rumah duka kawasan Manibang Malalayang guna menuju ke desa Leilem Kecamatan Sonder Kabupaten Minahasa. (luq)