Iklan

January 21, 2015, 08:04 WIB
Last Updated 2021-01-21T11:51:27Z
Lipsus

Alutista Ramaikan Kota Manado

Walikota saat akan melakukan pengguntingan pita 
Jurnal,Manado - Dipilihnya Manado sebagai ibu kota Provinsi Sulut menjadi tuan rumah penyelenggara Pameran Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) TNI AD mendapat respon dan apresiasi Wali Kota Manado, Vicky Lumentut. 

Tak tanggung-tanggung saat menghadiri pembukaan pameran perlatan tercanggih pertahanan Negara ini, Rabu (21/01/2015), 

orang nomor satu di Kota Manado ini berharap bias menambah wawasan dan pengetahuan warga Manado terkait peralatan tempur yang dimiliki aparat TNI.

Walikota dan Wagub saat berada di atas tank milik TNI
“Saya rasa Pameran Alutsista ini adalah kegiatan yang sangat baik khususnya bagi masyarakat Kota Manado. 

Masyarakat tentunya akan semakin mengetahui seberapa besar kekuatan militer yang dimiliki tentara kita,” ujar GSVL, sapaan akrab Walikota.

Menurutnya, peralatan tempur tercngih dimiliki TNI termasuk Kapal Motor Cepat (KMC) Komando yang baru diserahkan Panglima Daerah Militer (Pangdam) VII Wirabuana Mayjen TNI Bachtiar kepada Komando Resor Militer (Korem) 131 Santiago, dapat dimanfaatkan untuk membantu warga kota, terutama pengamanan perairan Teluk Manado.

Add caption
“Mudah-mudahan dengan dilaksanakannya Pameran Alutsista di Kota Manado dapat memberi informasi kepada masyarakat mengenai pengamanan TNI. 

Serta bisa merangsang para siswa-siswa di Manado, agar nantinya mereka bisa melakukan pengabdian mereka bagi bangsa dan negara dengan masuk TNI,” pungkas GSVL, seraya bersyukur karena Kota Manado dipercayakan sebagai lokasi ketiga pelaksanaan Pameran Alutsista, setelah Ambon dan Jayapura.

Sementara itu, ribuan pasang mata terkosentrasi di Kawasan Megamas sejak tadi pagi hingga siang hari. Betapa tidak, di lapangan pusat perbelanjaan bersebelahan dengan Teluk Manado itu berjejer sejumlah peralatan perang milik TNI.

Yah, tadi pagi pukul 09.00 Wita, pameran Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) milik TNI tersebut resmi dibuka oleh 

Pangdam VII/Wirabuan, Mayjen TNI Bachtiar, Sip, MAP. Pembukaan pameran itu disaksikan Wagub Djouhari Kansil bersama jajaran Pemprov Sulut, Wali Kota Manado Vicky Lumentut dan Wawali Harley Mangindaan, unsur Muspida, para pelajar serta sejumlah elemen.

“Pameran Alutsista ini perintah pimpinan tertinggi kami. Jadi ada beberapa daerah yang dipusatkan. Untuk provinsi di Indonesia Timur harusnya Makassar, tapi ternyata di pusatkan di Sulut. Kita harus berbangga Manado sebagai ibukota provinsi dipercayakan tuan rumah. Tepuk tangan dulu,’’ kata Bachtiar disambut apluas undangan yang hadir.
Jenderal bintang tiga ini juga mengakui, putra-putri Sulut banyak yang menjadi TNI. Terutama di wilayah Miangas dan Marore. “Meraka rata-rata banyak yang jadi TNI Angkatan Laut. Hebat yah. Nantinya di Bolmomg itu akan dipersiapkan Korem,’’ jelas perwira lulusan Akademi Militer 1980 ini. (***)