Iklan

January 30, 2015, 23:33 WIB
Last Updated 2015-01-31T07:40:00Z
ManadoUtama

Semarakkan Pesta Adat Tulude, Wawali hadir di Tumumpa & Karangria

Wawali Harley Mangindaan dalam acara Pesta Tulude di GMIM Torsina, Tumumpa

Jurnal,Manado- Akhir Januari memang merupakan berkah serta kegembiraan tersendiri bagi seluruh warga Nusa Utara. Pemerintah Kota Manado,Walikota dan Wakil Walikota (Wawali) berganti-ganti menghadiri acara Pesta adat ini.

Hari ini, Jumat (30/01/2015), Wakil Walikota Dr.Harley Mangindaan bersama para tokoh lainnya seperti  Dr. Maya Rumantir Anggota DPD RI, Ketua BPMJ Torsina Pdt Janny Tewu,MTh, Tokoh Nusa Utara Hendrik Manossoh, Camat Tuminting, Lurah Maasing dan Ketua Panita Pelaksana, Drs. Ruben Saerang, menghadiri Ibadah Syukur Tulude GMIM Torsina Tumumpa.

Ibadah Syukur Tulude diawali dengan prosesi penjemputan tamu agung, pemasangan topo-topo kepada Wawali, arak-arakan kue tamo serta Ibadah yang dipimpin oleh Pdt. Dr. Sientje Marentek-Abram.

Dalam sambutannya Wawali juga mengajak warga Nusa Utara yang ada di Manado untuk terus memelihara tradisi Tulude.

"Tulude dilakukan untuk mensyukuri berkat Tuhan memasuki Tahun yang baru. Jadi marilah kita menyongsong tahun baru dengan hati yang bersih sehingga cahaya yang gilang gemilang menyambut kita di tahun 2015 ini," pesan Wawali yang didampingi Istri terrcinta, Seyla Kudati yang juga memiliki darah nusa utara.


Malamnya Wawali Mangindaan bersama istri menghadiri ibadah syukur Tulude Kolom 18B Karangria.

"Yang penting bukanlah bagaimana bermimpi, tetapi yang terutama adalah niat tulus untuk membangun, dan untuk mewujudkanya adalah dengan menjaga kebersamaan," ujar Wawali yang kerap disapa Bang Ai.

Sebagai Pemerintah, Bang Ai, juga mengajak warga gereja dan masyarakat umumnya untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan dan Kota Manado pada umumnya. Jangan sampai Manado dan lingkungan dipecah belah oleh orang-orang yang tak bertanggungjawab, namun dengan kebersamaan dan persatuan masyarakat bisa menjaganya.

"Justru dengan ketulusan hati, kebesamaan dan persatuan kita bisa merobohkan orang-orang yang hendak mengusik persatuan dan kedamaian di Kota Manado," himbau Bang Ai.

Selanjutnya dalam kesempatan yang sama Wawali memberikan sumbangan bantuan dana bagi pembangunan Gereja GMIM Petra Bitung Karangria.

Adapun masyarakat GMIM Petra maupun warga sekitar, menyampaikan terima kasih atas kehadiran Wawali dan Wakil Ketua TPPKK Ibu Seyla Mangindaan-Kudati, yang berkenan hadir dan membaur bersama warga, bahkan ikut bersama dalam tarian khas Nusa Utara Ampa Wayer.

"Memang hanya dengan ketulusan hati dan kebersamaan kita bisa membangun kota ini, terima kasih Pak Wawali susah berkenan datang dan membaur bersama kami, bahkan membantu pembangunan gedung gereja kami," kata Tua tua warga Sangihe Karangria Emor Dolonseda.



Sementara Pelsus kolom 18 Petra Karangria Meyti Tumbilung-Caroles dan Maria Dilly-Kantohe atas nama masyarakat dan warga gereja menyampaikan terima kasih atas kehadiran Wakil Walikota dan Wakil Ketua TP PKK yang menyemarakan suasana di tempat tersebut. (**/luq)