Header Ads

Pasca Kecelakaan Bus Sumsel Yang Mengakibatkan Puluhan Penumpang Meninggal, BPTD Wilayah XXII Sulut Laksanakan Rakor Pencegahan Lakalantas

JurnalManado - Kecelakaan Bus Sriwijaya yang jatuh ke jurang di Sungai Lematang Kota Pagar Alam Sumatera Selatan (Sumsel), yang menewaskan puluhan orang orang jadi perhatian serius Kementerian Perhubungan RI dalam hal ini Dirjen Perhubungan Darat.

Untuk itu melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) se - Indonesia melaksanakan Rapat Koordinasi Pencegahan Kecelakaan Lalulintas.

Sebagaimana BPTD Wilayah XXII di Sulawesi Utara melaksanakan kegiatan rakor di Novotel, Jumat (27/12/2019), yang dihadiri Kepala Dinas Perhubungan Sulut Lynda Watania, Dinas Perhubungan Kabupaten/kota, Polda Sulut, Perusahaan Damri dan Perusahaan Angkutan serta Jasaraharja.

Kepala BPTD Sulut Renhard Ronald, S. SiT, MT mengatakan, rakor yang dilaksanakan saat ini atas instruksi Menteri Perhubungan dan semua serba cepat tanggap pasca bencana kecelakaan bus yang mengakibatkan puluhan penumpang meninggal dunia.

"Semua serba mendadak dan langkah cepat untuk mengantisipasi jangan sampai terjadi kecelakaan seperti di sumatra. Jadi ini penting untuk koordinasi semua steak holder yang berkaitan dengan transportasi darat,"kata Renhard.

Untuk itu kata Renhard bahwa semua pihak akan melakukan pemeriksaan kembali seluruh kendaraan angkutan.
"Perlu tindakan mitigasi meski kami sejak lama rutin disemua terminal melakukan ramcek apalagi saat menjelang natal dan tahun baru,"jelasnya.

Pun dengan kelengkapan jalan seperti tol manado - bitung.

"Sesuai hasil pemeriksaan maka perlu dilengkapi kelengkapannya itu untuk mitigasi, jangan sampai jalan tol berbahaya. Kendaraan berat juga nantinya akan dipasangkan pemantul cahaya sehingga bisa terlihat dari jauh. Bahkan sesuai peraturan menteri dalam Sistim Manajemen Keselamatan (SMK) bahwa setiap perusahaan transportasi terkait mitigasi keselamatan. Perusahaan harus ada sistim manajemen keselamatan,"tandasnya.(man)















Diberdayakan oleh Blogger.