Iklan

January 27, 2020, 02:42 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:53:55Z
Mitra

Bangun Pariwisata di Mitra, Bupati JS kunker ke Badung

Jurnal,Bali - Bupati James Sumendap SH dalam kunjungan kerja di Pemkab Badung pada Senin (27/01/2020) mengatakan bahwa tahun 2020 ini akan menjadi tonggak untuk mengembangkan berbagai potensi alam yang ada di Minahasa Tenggara. Karena itu berbagai hal akan kita lakukan untuk mengembangkan destinasi wisata yang ada di Minahasa Tenggara, maka dengan melakukan studi banding ke Pemkab Badung adalah salah satu media yang akan menjadi perhatian pemkab mitra berkaitan dengan kiat dan strategi membangun pariwisata.
"Berbagai potensi alam baik laut, hutan dan gunung yang ada di Mitra akan menjadi perhatian serius kita ditahun 2020 untuk terus dikembangkan. Karena kedepan pengembangan pariwisata akan menjadi sektor strategis yang akan dibangun, sebab itu kedatangan ke Pemkab Badung merupakan salah satu media untuk melihat cara dan kiat untuk mengetahui bagaimana membangun pariwisata yang ada di Bali" kata Bupati James Sumendap yang turut didampingi Staf Khusus Bupati DR. Tony Pandaleke, MPd, Kabag Umum Setda Arce Kalalo, SH, Kasub Protokol Ezra Tumigolug.
Sementara itu Kadis Pariwisata Pemkab Badung, Ir. I Made Badra, MM, didampingi Ida Ayu Anggreni Pudja, Kabid Daya Tarik Wisata, yang menerima kunjungan kerja Bupati Mitra dan rombongan mengungkapkan bahwa Bali merupakan kawasan pariwisata besar yang didalamnya memiliki keunikan karena pariwisata yang dibangun berbasis kearifan lokal. "Karakter masyarakat Bali berproses cukup lama sehingga pariwisatanya bisa berkembang. Masyarakat Bali secara umum memahami lebih dahulu apa yang bisa dan tidak bisa diterima, jadi karakter masyarakat yang siap menerima berbagai bentuk budaya luar tetapi kemudian tidak terpengaruh adalah kunci suksesnya sektor pariwisata di Bali, karena itulah kemudian dikatakan pariwisata Bali dibangun dengan kearifan lokal" ungkap I Made Badra.
Pada pertemuan ini juga disepakati bahwa Pemkab Badung dan Pemkab Mitra akan membangun kerja sama dalam rangka membangun pariwisata, lebih lanjut diungkapkan I Made Badra, kedepan setelah ada perjanjian kerja sama antar kedua daerah, maka Pemkab Badung melalui Dinas Pariwisata Kab Badung akan ikut mempromosikan destinasi wisata yang ada di Minahasa Tenggara baik didalam maupun di luar negeri. "Jika kerjasama telah dilakukan maka destinasi wisata yang ada di Kabupaten Mitra akan juga kami promosikan baik didalam maupun diluar negeri, sebagaimana yang selama ini kami lakukan untuk promosi pariwisata yang ada di Bali" kata Made Badra
Bupati James Sumendap menyambut baik hal itu dan mengungkapkan bahwa akan meminta Dinas Pariwisata Kab Mitra untuk menindaklanjuti hal ini. "Saya akan tugaskan kadis pariwisata untuk menindaklanjuti hal-hal teknis yang akan dituangkan dalam nota kerja sama ini, agar pariwisata di Kabupaten Minahasa Tenggara bisa berkembang dengan baik dan dapat menjadi salah satu sektor pendapatan daerah dan akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat pula" pungkas Bupati 2 Periode ini.
Dengan adanya pertemuan ini, Kabag Umum Setda Arce Kalalo, SH., yang turut dalam rombongan, menyampaikan ucapan terima kasih dari Bupati James Sumendap kepada Pemkab Badung yang telah menerima rombongan Pemkab Minahasa Tenggara. "Banyak terima kasih kepada Pemkab Badung yang sudah menerima Bupati James Sumendap dan rombongan saat melakukan kunjungan kerja, dan berharap hubungan baik kedua daerah akan terus terus djaga dan dipertahankan serta kedepannya kerjasama kedua daerah bukan hanya di sektor pariwisata tapi juga di sektor- sektor-sektor lainnya" pungkas Kabag Umum Arce Kalalo, SH.(hak)