Iklan

February 25, 2020, 03:43 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:53:55Z
Mitra

Pilot Project Penerapan E-Kinerja Terintegrasi Nasional, James Sumendap: Buktikan Pilihan BKN Tepat

Jurnal,Jakarta - Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap, SH, mengikuti Forum Group Discussion Nasional Penerapan Sistem Informasi E-Kinerja ASN yang Terintegrasi pada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, di Hotel Best Western Premier Cawang Jakarta Timur, Selasa (25/02/2020).

FGD Nasional ini dibuka secara langsung oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara DR. Ir. Bima Haria Wibisana, MSIS.

Dalam sambutannya Kepala BKN mengungkapkan bahwa dengan adanya UU nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), menuntut kinerja seluruh ASN lebih ditingkatkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang lebih sederhana dan mudah untuk di akses.

“Sekarang ini manejemen kinerja ASN menjadi bagian yang tak terpisahkan dari banyak hal, baik dari sisi tranparansi, maupun akuntabilitasnya,” ungkap Bima Haria Wibisana.

Sementara itu Bupati James Sumendap mengungkapkan apresiasinya kepada pihak BKN yang melaksanakan kegiatan tersebut.

Menurutnya, dengan ini akan ada 1 (satu) pemahaman yang akan mengatur manajemen kinerja ASN sehingga tidak akan ada lagi tolak ukur kinerja yang diatur sendiri oleh masing-masing daerah.

“Manajemen kinerja ASN perlu diatur dengan satu sistem yang terintegrasi di seluruh indonesia agar supaya kinerja ASN di Indonesia terukur dengan tepat dan jelas,” ungkap James Sumendap, saat diminta untuk memberikan masukan oleh Direktur Kinerja ASN, Neny Rochyany, S.Si, Apt. M.Si.

Lanjut ditambahkan oleh Bupati Mitra 2 (dua) periode ini bahwa ditetapkannya Pemkab Minahasa Tenggara sebagai Pilot Project Penerapan E-Kinerja dan satu-satunya Pemda di Provinsi Sulawesi Utara, merupakan sebuah tanggung jawab besar yang harus  dilakukan dan disukseskan oleh Pemkab Minahasa Tenggara.

“Saya akan kawal langsung pelaksanaan penerapan E-Kinerja ini. Pemkab Mitra akan buktikan kepada BKN bahwa instansi yang mengurus manajemen ASN ini tidak salah menunjuk Pemkab Minahasa Tenggara sebagai salah satu Pilot Project penerapan E-Kinerja yang terintegrasi secara nasional,” pungkas Bupati James Sumendap yang turut didampingi Pj. Sekda David H. Lalandos, Asisten 3 Frits Mokorimban, Kaban BKPSDM Marie Makalow, Kabag Umum Setda Arce Kalalo, serta Staf Khusus Bupati.

Dalam FGD Nasional ini juga dilaksanakan penandatanganan Surat Pernyataan Kesanggupan yang merupakan komitmen Pemkab Minahasa Tenggara yang menjadi Pilot Project Penerapan E-Kinerja, oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kab. Minahasa Tenggara David H. Lalandos, AP.MM, dengan pihak BKN oleh Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian.(hak)