Iklan

March 10, 2020, 15:54 WIB
Last Updated 2020-03-10T22:54:28Z
Manado

Jelaskan tentang Penyelesaian Hukum Jaminan Fidusia , Wawali Mor buka Penyuluhan Hukum 2020

Jurnal Manado - Bertempat di ruang serbaguna BRI Kanwil Manado Selasa (10/3/2020), Wakil Wali (Wawali) Kota Manado Mor Dominus Bastiaan (MDB), membuka kegiatan penyuluhan hukum dengan tema Penyelesaian Hukum Jaminan Fidusia.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui Bagian Hukum Setda Manado.

Wawali Mor pada kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan ini sangat baik dan patut diberikan apresiasi, sebab memberikan pemahaman lebih kepada masyarakat terhadap persoalan yang kerap terjadi di tengah kehidupan bermasyarakat berhubungan dengan fidusia.

“Saya sempat berbincang dengan Kepala Pengadilan Negeri Manado, informasinya ternyata marak masalah penarikan jaminan fidusia atau kredit di Kota Manado dan proses atau prosedurnya sudah banyak yang menyimpang,” ujar Mor.
“Lewat penyuluhan hukum seperti ini, maka masyarakat bahkan jajaran pemerintahan dan pelaku usaha yang belum paham akan mendapat informasi jelas serta dapat membagikan informasi yang di dapat kepada orang lain,” tambahnya.

Kata dia, para ASN, pelaku usaha, dan sebagainya sangat penting menerima sosialisasi seperti ini sehingga tidak gagap ketika berhadapan dengan persoalan fidusia.

“Pemahaman yang dimaksud, adalah dimulai dari proses pengajuan krediy, lalu bagaimana caranya sampai permohonan disetujui, syaratnya apa, hak dan kewajibannya seperti apa,” jelasnya.

Lanjutnya, sebagai warga, pelaku usaha perlu memahami lebih lanjut termasuk dengan penyelenggara atau yang memberikan pinjaman, bagaimana seharusnya yang harus dilakukan agar tidak salah paham atau salah langkah.

“Hal ini perlu dipahami agar tidak terjadi perselisihan terutama saat mungkin ada salah satu pihak lalai atau tidak menjalankan kewajibannya,” tutup Wawali Mor Bastiaan

Penyuluhan ini dihadiri oleh stakeholder terkait dengan narasumber yaitu Kepala Pengadilan Negeri Manado Lukman Bachmid SH MH, Kepala Bagian Pengawasan EPK, IKNB dan Pasar Modal OJK Sulutgomalut Ahmad Husain dengan moderator Kabag Hukum Pemerintah Kota Manado Budi Paskah Yanti Putri. (Ipeh)