Iklan

April 13, 2020, 15:01 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:35:06Z
Pemerintahan

Gubernur Sediakan Rumah Singgah Sebagai Tempat Isolasi ODP

Jurnal Manado - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE meninjau kesiapan Rumah Singgah di Kantor Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan di Jalan Teterusan Mapanget, Kabupaten Minahasa Utara, Senin (13/04/2020).
Gubernur Olly mengatakan, tempat ini siap dipakai, tetapi tidak benar-benar ‘digunakan’ sebagai tempat isolasi alternatif bagi masyarakat yang berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP).
Gubernur Olly optimis, dengan dukungan dan doa dari masyarakat Sulut, penyebaran Virus Corona dapat dihentikan sehingga semua warga dapat beraktivitas kembali seperti sebelum pandemi Covid-19.
Gubernur Olly Dondokambey SE saat mengunjungi salah satu bilik ruang tidur
Gubernur Olly Dondokambey SE saat mengunjungi salah satu bilik ruang tidur
“Kantor pusat penanggulangan krisis kesehatan yang kita persiapkan sebagai Rumah Singgah saudara-saudara kita yang datang dari luar daerah yang setelah kita evaluasi perlu mendapat pemeriksaan awal. Mudah-mudahan kamar yang sudah disiapkan ini tidak sempat digunakan. Karenanya kita doakan supaya Virus Corona ini tidak menyebar,” ujar Gubernur Olly usai melakukan peninjauan rumah singgah.
Diketahui, kedatangan orang nomor satu di Sulut ke Rumah Singgah untuk memastikan kelayakan dan kesiapan rumah singgah sebagai tempat isolasi.
Rumah Singgah di Kantor Penanggulangan Krisis Kesehatan yang memiliki 30 kamar ini
telah memenuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19 dan telah dilengkapi tempat tidur dan fasilitas lainnya baik halaman, kamar mandi, dapur, hingga gudang.
Selain Rumah Singgah di Kantor Penanggulangan Krisis Kesehatan, Pemprov Sulut juga menyiapkan Rumah Singgah lainnya yang siap digunakan, diantaranya Kantor Diklat Maumbi memiliki kapasitas 100 kamar, Kantor Bapelkes (270), Asrama Haji Tuminting (300) dan LPMP Sulut (40).

Adapun dalam peninjauan Rumah Singgah turut dihadiri Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Danlanudsri Manado Kol Pnb Johnny Sumaryana, Sekdaprov Edwin Silangen SE MS, Kadis Kesehatan dr Debie Kalalo MSc PH dan para pejabat lainnya. (tim)