Header Ads

Jelang Idul Fitri Pemkab Mitra Bakal Antisipasi Lonjakan Harga

Jurnal Mitra – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) lewat Dinas Ketahanan Pangan (DKP) mengantisipasi kenaikan harga pangan jelang Idul Fitri tahun ini.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Made Alit menyampaikan, pihaknya menyiapkan beberapa upaya antisipasi jelang hari raya Idul Fitri.

“Jelang Ramadhan ini, ada proposal yang kami kirim ke pihak Bulog dan dinas pangan provinsi, sebagai usulan untuk menggelar pangan murah jelang iIdul Fitri,” ujar Alit, Rabu  (15/4/2020).

Alit memjelaskan, dari pengalaman sebelum-sebelumnya, biasanya di hari besar seperti ini harga yang ada di pasaran bakal naik.

“Antisipasinya seperti itu, dan hingga saat ini setelah kita menyurat ke pihak provinsi dan Bulog, belum ada jawaban. Mungkin dalam waktu dekat ini, apakah ada peluang atau memungkinkan program tersebut dijalankan ditengah pendemi Covid-19,” pungkas Alit.

Untuk pasokan pangan sendiri, pihaknya bersama dengan dinsos mengawal pasokan Cadangan Beras Pemerintah (CBP).

“Jadi ada untuk saat ini dari pangan sendiri tidak menyediakan posko pangan. Hanya antisipasi Pemkab bila terjadi kelangkaan, dilakukan pengadaan Bulog CBS bila Pandemi Covid-19 terus melunjak mengalami kelangkaan,” tandas Alit.

Adapun pihaknya terus melakukan pemantauan harga pangan di pasar yang ada bila ada kenaikan harga pasaran. Pihaknya berharap, jelang Idul Fitri tidak ada kenaikan harga di pasaran.(hak)
Diberdayakan oleh Blogger.