Iklan

May 12, 2020, 15:32 WIB
Last Updated 2020-05-12T22:32:55Z
Manado

Cegah Covid - 19 , Walikota : Tanpa disiplin kita akan gagal melawan penyebaran virus

Jurnal Manado - Sikap disiplin dinilai bisa menjadi kunci utama mencegah penyebaran dan penularan virus covid-19. Hal itu diungkapkan Walikota Manado, DR. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, dihadapan sejumlah wartawan pos liputan Pemkot Manado, ketika memberikan keterangan pers, di Kantor Walikota, Senin (11/05).

“Disiplin harus dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitarnya. Tanpa disiplin kita akan gagal menang melawan penyebaran virus ini,” tandas Walikota

Walikota, mengajak masyarakat mengikuti instruksi dan arahan pemerintah, menyangkut protokol kesehatan, dengan disiplin tingkat tinggi, karena disiplin merupakan kunci utama.

Ketua Dewan Pengawas Apeksi ini, mengemukakan, penyebaran virus corona dan tingkat penularannya semakin hari semakin masif, ada lonjakan beberapa hari ini di Kota Manado, sementara itu perilaku masyarakat untuk berdiam diri dulu dirumah tidak sepenuhnya dipatuhi. Demikian juga kepatuhan masyarakat untuk memakai masker masih rendah.

Walikota mengingatkan, disiplin yang dimaksud diantaranya, jaga jarak, tidak berkerumun, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, dan ditambah yang terakhir tidak mudik.
“Tanpa disiplin kita akan gagal menang melawan penyebaran virus ini,” tandas Walikota kembali.

Sehingga Melihat adanya peningkatan pasien positif corona beberapa hari ini,
Walikota pun menyampaikan usulan kepada Gubernur Sulut, Olly Dondokombey untuk melakukan pengkajian secara cermat terkait penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Banyak juga masyarakat yang meminta ke saya untuk PSBB ini, dan saya juga sadar bahwa ini tidak mungkin dilakukan sendiri oleh kabupaten atau kota, karena itu saya mengusulkan tadi, kepada Bapak Gubernur, saat kegiatan penyerahan LHP oleh BPK untuk dikaji dengan cermat, dipertimbangkan PSBB di Sulawesi Utara,”kata Walikota

Setelah mendengar aspirasi dari para kepala daerah, Walikota menuturkan bahwa Gubernur nantinya akan menjadwalkan rapat khusus bersama Walikota dan Bupati untuk membahas PSBB, dan kami menunggu itu, semoga kajian yang nanti dibahas bersama Gubernur akan ada kesimpulan yang akan dilakukan. (Ipeh)