Iklan

May 5, 2020, 01:09 WIB
Last Updated 2020-05-05T10:22:09Z
Dinamika

Vidcon Bersama Dirjen, Bahagia Laporkan Hasil Perekaman KTP Capai 97,64%

Jurnal Manado - Ditengah menghadapi virus pandemi covid - 19, Kinerja Dinas Kependudukan Catatan Sipil dan KB Prov. Sulut tidak merosot. Seperti pada Rapat Evaluasi Kinerja Bersama Direktorat Jenderal Kependudukan Catatan Sipil RI melalui Video Conference (Vidcon), Selasa (5/05/2020).

Dimana Kadis Dukcapil dr. Bahagia Mokoagouw menyampaikan hasil kinerja diantaranya capaian peremakan e-KTP dan penerbitan Akta Kelahiran untuk warga sulut.

"Hasil perekaman e-KTP se - Sulut sudah 97, 64 %, dan untuk cakupan penerbitan akte kelahiran sudah 94,76% ," terang Bahagia kepada Dirjen Dukcapil RI Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH yang memimpin langsung vidcon dukcapil se - indonesia.

Diakui Bahagia, hasil capaian itu belum mencapai 100 persen karena terdapat kendala - kendala dilapangan seperti masalah tinta cetak atau persoalan alat cetak. 

"Kadang kehabisan tinta cetak atau alat Cetaknya bermasalah maka harus menunggu pengadaan lagi. Solusi yang dilakukan capil adalah dengan mengeluarkan Surat Keterangan Pengganti KTP," kata Bahagia.Sembari menambahkan ada sebanyak 88 buah surat yang  dikeluarkan karena belum tercetak KTP.

Lanjut Bahagia, ditengah - tengah menghadapi virus pandemi, saat ini dukcapil provinsi dan kabupaten/kota terus melakukan koordinasi dan sinergitas guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sulut termasuk koordinasi lewat media sosial.

Dirjen pun memberikan apresiasi atas hasil capaian dari dukcapil prov. sulut.

"Luar biasa ya, ini perlu diberikan apresiasi dan terimakasih. Tetap tingkatkan kinerja untuk pelayanan masyarakat. Jika ada surat yang perlu disampaikan ke masyarakat maka dukcapil sesegera mungkin menyampaikannya lewat online," pesan dirjen.(man)