Iklan

June 2, 2020, 16:17 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:53:55Z
Mitra

Turun Langsung,VaSung kawal ribuan APD Kemendikbud untuk RS se Sulut

Jurnal,Manado -Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi bersama Komisi X DPR RI menyalurkan bantuan untuk Fakultas Kedokteran Unsrat dan sejumlah Rumah Sakit di Sulawesi Utara.
Bantuan tersebut merupakan hasil proses realokasi atau penyesuaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2020 untuk penanganan Coronavirus Disease (Covid-19), sebagaimana amanat Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020 tentang Refocussing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.
Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Vanda Sarundajang, VaSung, Anggota Komisi X DPR RI yang mengawal proses tersebut.
“ Sesuai Instruksi Presiden maka anggaran Kemendikbud direlokasi untuk mendukung penanganan pandemi COVID-19 sekitar Rp405 miliar. Anggaran ini salah satunya digunakan untuk membantu sejumlah Rumah Sakit Pendidikan/ Fakultas Kedokteran di Indonesia dan sejumlah RS Rujukan yang didorong oleh Komisi X DPR RI.
Jadi ada sekitar 7 Rumah Sakit di Sulawesi Utara dan Fakultas Kedokteran Unsrat, berhasil kami dorong ke Kemendikbud untuk ditetapkan sebagai penerima bantuan APD melalui relokasi anggaran pada APBN Tahun 2020 ini.” jelas salah satu srikandi PDI Perjuangan Dapil Sulut ini.

“Kami memahami bahwa para tenaga medis, termasuk mahasiswa kedokteran, baik program sarjana, profesi, dan PPDS, yg ada di rumah sakit merupakan garda terdepan yg harus juga dilindungi, dijaga kesehatan dan keselamatannya, sehingga melalui Kemendikbud kami berupaya mendorong sejumlah bantuan alat pelindung diri (APD) juga sebagai bentuk apresiasi kami serta wujud nyata gotong royong dalam menangani covid-19” ungkap VaSung.

Lebih lanjut VaSung juga secara detail merinci Bantuan APD dimaksud berjumlah total sekitar  7.549 yang terdiri dari Hazardous Material Suit atau Baju Hazmat sebanyak 2000 pcs, dimana 1.040pcs utk RS dan 960pcs untuk FK Unsrat, sepatu boots 1.750psg, Sarung tangan medis 2.650, masker medis 149box dan face shield 1000pcs.

“ Kami menyampaikan banyak terima kasih kepada Mendikbud bersama jajarannya khususnya Dirjen Dikti yang sudah merealisasikan bantuan ini dan tentunya harapan kami kepada para tenaga medis, semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan meningkatkan kapasitas serta semangat pelayanan dalam menangani Covid-19.”ujar VaSung, seraya memastikan bahwa beliau sendiri akan berkunjung dan menyerahkan langsung bantuan ini ke Rumah-rumah Sakit Rujukan.(hak)