Iklan

October 11, 2020, 17:08 WIB
Last Updated 2021-01-21T11:59:56Z
Minut

Ketua Bawaslu RI Abhan SH MH Kunjungi Bawaslu Minut Skaligus Berikan Motivasi dan Penguatan Kepada Jajarannya


Jurnal Manado - Dalam kunjungan kerjanya di wilayah Sulawesi Utara (Sulut), Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Abhan SH MH iku menyambangi kantor Bawaslu Kabupaten Minahasa Utara (Minut), sekaligus memberikan motivasi dan penguatan kepada jajarannya.

Kedatangan Ketua Bawaslu RI yang didampingi Ketua dan anggota Bawaslu Sulut di Bawaslu Minut, disambut Ketua Bawaslu Minut, Simon Awuy, anggota Bawaslu Rocky Ambar SH serta Koordinator Sekretariat Minut Michael Polii, ST dan jajaran Panwascam se- Minut, Minggu (11/10/2020).

Saat menyampaikan sambutannya, Ketua Bawaslu RI, Abhan SH menyampaikan apresiasi setingi-tingginya kepada Bawaslu Minut dan jajaran pengawas Kecamatan dan Kelurahan/Desa yang sampai hari ini sudah melakukan pengawasan tahapan pilkada ini.

“Kendati hampir Tiga bulan sejak maret dinonaktifkan dan pertengahan Juni baru aktifkan kembali, rekan-rekan Panwascam berkenan bergabung kembali bersama bawaslu. Saya kira ini sebuah dedikasi dan pengabdian yang luar biasa,” kata Abhan.

Menurut Abhan, jajaran pengawas Kecamatan dan Kelurahan/Desa adalah garda terdepan untuk menyukseskan Pilgub Sulut dan Pilbup Minut yang memasuki tahapan masa kampanye.

“Sebab ketika sebagian orang tidak berani keluar, tidak berani berinteraksi tetapi rekan-rekan Panwascam turun melakukan tugas pengawasan Pilkada 2020 di tengah masa pandemi Covid-19,” ujar mantan ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah ini.

Lanjut Abhan, pada pilkada sebelumnya pengawas pemilu fokus mengawasi aspek elektoral, maka Pilkada di masa pandemi Bawaslu mendapatkan dua tugas penting, yakni substansi dan non elektoral yaitu mengawasi protokol kesehatan pencegahan covid-19. 

Menutup kegiatan tersebut, Komisioner Rocky Ambar menyampaikan terima pada ketua bawaslu RI yang sudah berkenan meluangkan waktu berkunjung di Kabupaten Minahasa Utara dan memberikan penguatan kelembagaan di Bawaslu Minut. 

“Suatu kehormatan bagi kami keluarga besar Bawaslu Minut bisa bertatap muka secara langsung dengan pak ketua, bisa mendengarkan arahan/wejangan. Sehingga ini menjadi suatu nutrisi semangat kami dalam menjalankan tugas dimana kabupaten minahasa utara merupakan salah satu kabupaten yang melaksanakan pemilihan kepala daerah Bupati dan wakil bupati,” ungkap Ambar.(***)