Iklan

13 Februari 2021, 03:56 WIB
Last Updated 2021-02-13T11:56:40Z
Politik

Fabian Kaloh: Saya Belajar Bekerja dari Almarhum SHS


JurnalManado - Sosok Almarhum Sinyo Hari Sarundayang (SHS) di mata,mantan Birokrat Bitung Fabian Kaloh SPi MSi. Saat ini duduk sebagai Anggota Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).


Bagi legislator daerah pemilihan (dapil) Minut-Bitung itu, sosok Gubernur Sulut Periode 2005-2010- 2015 itu   Adalah sosok Pamong yang paripurna, yang jabatan yang di percayakan Presiden Joko Widodo sebagai duta besar (Besar) Indonesia di Fhilipina.


Kepada JurnalManado, Sabtu (13)2/2021) Politisi PDI Sulut yang sekarang memegang jabatan sebagai Sekrertaris Komisi l ini menuturkan awal karir di Tahun 1999 semenjak SHS memegang jabatan sebagai Walikota Bitung.


"Semenjak itu Bulan November 1999, setelah berkarier dari Sekretaris Kecamatan (Sekcam) di Kota Bitung. Khususnya di Kecamatan Bitung Tengah Tahun 1996, dan Kepala Seksi (Kasie) di Dinas Kebersihan, dirinya dipercayakan Pak S.H. Sarundajang (waktu itu belum tren SHS) sebagai Camat Bitung Timur menggantikan Arnold Karamoy yang waktu itu di geser ke jabatan baru sebagsi Camat Bitung Tengah.


Kota Bitung saat itu baru empat Kecamatan yaitu Bitung Utara, Bitung Tengah, Bitung Timur dan Bitung Selatan.


Semenjak itu, saya ingat kami berempat Alumi APDN, Camat Selatan Alm Pak Kondoy, tentu mereka bertiga senior saya 


Tapi, saya beruntung karena saat itu masih relatif muda  masih berusia belum 30 thn).

Kata banyak orang beliau sangat waktu itu SHS selektif dalam menempatkan pejabat dan tentu yang benar-benar baik dimatanya yang beliau percayakan dalam saty jabatan.


Memang , saat itu saya sangat kaget, dan tidak sangka secepat itu dapat jabatan Camat, karena masih banyak senior di Bitung.

Karna itu pula maka saya harus tunjukan kerja maksimal karena setahu saya Walikota yang saat itu masih muda juga adalah seorang pekerja keras.


Beliau aktif di HT, subuh2-subuh sudah cek kerja penyapu jalan dan mobil pengangkut sampah, beliau tidak suka ada sampah menumpuk disiang hari, beliau sangat disiplin dan jarang memuji kerja pejabat dan staff.


 Artinya, bahwa beliau mau semua harus kerja maksimal.

Saya harus akui bahwa saya belajar bekerja dari beliau.(tino)