Iklan

15 Februari 2021, 00:15 WIB
Last Updated 2021-02-15T08:15:33Z
Politik

Kenly Poluan: Fasilitas Pendukung Pilkada di Daerah Kepuluan Perlu Dorong


JurnalManado - Gagasan dari Almarhum Sinyo Harry Sarundayang (SHS) pada pertemuan dengan sejumlah kepala daerah kepuluan dengan 7 gubernur di lndonesia termasuk Sulawesi Utara (Sulut) adalah salah satu daerah kepuluan.


Dalam pertemuan sejumlah gubernur beberapa Tahun silam termasuk Gubernur Sulut Alm SHS,Terkait perhatian dengan daerah kepuluan harus ada perhatian khusus dari Pemerintah Pusat.


 Ternyata, konsep berpikir ini juga terungkap dalam rapat evaluasi Badan pengawasan pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada kegiatan evaluasi pemilihan kepala daerah 9 Desember 2020 lalu.


Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Kenly Poluan MPd mengatakan, gagasan yang diusulkan mantan gubernur Sulut alm SH Sarundayang menjadi bahan evaluasi pada pelaksanaan pilkada serentak 9 Desember 2020 lalu.


Yang di dapati keluhan dari pengawasan di lapangan,khusus panwas yang ada di daerah kepuluan adalah, kurangnya fasilitas termasuk infrasruktur di daerah kepuluan menjadi kendala seperti pembangunannya serta fasilitas termasuk fasilitas pendukung pengawasannya terkait dengan kepemiluan kurang memadai.


Dan hal ini akan memperngaruhi kerja pengawasan di lapangan.

Hal ini kedepan perlu di dorang sekaligus  disikapi bersama karena kedepan hal ini sangat penting termasuk fasilitas penunjang sepert internet, sumber daya manusianya serta prasarana lainnya. (tino)