Iklan

21 Februari 2021, 02:58 WIB
Last Updated 2021-02-21T11:27:22Z
Advetorial

ODSK 2 Periode dan Mega Proyek Sulut


Jurnal Manado - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menggelar acara syukur memasuki kepemimpinan periode kedua Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw di Wisma Negara, Bumi Beringin Manado, Sabtu (20/2/2021).

Kegiatan ini dihadiri jajaran Forkopimda Sulut, pimpinan dan anggota DPRD Sulut, Dirjen Imigrasi Kemenkumham, para Bupati/Walikota se-Sulut, pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkup Pemprov Sulut, tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.


Acara digelar dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dan disiarkan live streaming sehingga bisa diakses secara online oleh seluruh kalangan masyarakat Sulut di 15 kabupaten/kota.


Kinerja Paripurna telah di tampilkan, yang mampu mengantar Sulut dikenal, disegani dan di akui dunia, sehingga banyak keberhasilan yang di raih dan menjadikan Sulut Hebat.

Dan ketika mentari kembali menjenguk bumi pada tanggal 15 pebruari 2021, maka Rakyat Sulut, layaklah bersyukur kehadapan TYME,,


Karena di tanggal inilah kembali Tuhan memilih Olly Dondokambey dan Steven Kandouw sebagai Gubernur dan wakil Gubernur pilihan Rakyat Periode 2021- 2024

Kiranya representasi kepemimpinan yang telah di tunjukkan selama ini, tetap di pertahankan yang kompak, satu komando dan tak berlawanan arah, begitupun diharapkan untuk tetap menjadi pribadi yang rendah hati dan merakyat, mengayomi dan mengedepankan kepentingan masyarakat, bahkan mampu menjaga keluarga, yang patut di teladani Keluarga Dondokambey-Tamuntuan dan Keluarga Kandouw -Tanos.

Pada kesempatan itu, Gubernur Olly menyampaikan rasa syukur atas penyertaan Tuhan karena dapat memasuki periode kedua kepemimpinannya bersama Wagub Kandouw di Sulut.



Ia mengajak semua pihak untuk bersama-sama larut dalam sukacita syukur serta mampu memaknai, bahwa semua ini merupakan kasih dan berkat Tuhan, yang perlu dijawab dengan kerja dan karya yang semakin paripurna.

Olly optimis mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab, menjawab amanah rakyat dengan optimal serta memberikan pembangunan yang signifikan di Bumi Nyiur Melambai dengan sinergitas dan keterlibatan seluruh komponen masyarakat Sulut.


“Terima kasih yang kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang sudah menghantar kami berdua menjadi terpilih kembali sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur dan seluruh masyarakat Sulawesi Utara yang sudah mempercayakan kita kembali,” kata Olly mengawali sambutannya.


Olly juga mengapresiasi jajaran Forkopimda Sulut dan semua pihak terkait yang mendukung penuh pelaksanaan Pilkada 2020 sehingga berjalan aman dan lancar.




“Kepada forum koordinasi pimpinan daerah Sulawesi Utara, para aparat keamanan yang sudah ikut mengawal pesta demokrasi sehingga bisa berjalan dengan baik pada beberapa waktu yang lalu,” ujarnya.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat sampai kepada pimpinan-pimpinan lembaga yang sudah sama-sama merayakan pesta demokrasi bersama, sehingga hari ini saya dan pak Steven bisa berdiri didepan sini,” tutupnya.


Acara ini dimeriahkan oleh artis Indonesian Idol Joy Tobing dan Paduan Suara Gema Sangkakala dan Koor Pejabat Pratama Pemprov Sulut. 


Mega Proyek Buah Tangan ODSK

Diketahui periode pertama banyak pembangunan dilaksanakan oleh Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw diantaranya pembangunan terminal Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) rampung pada April 2021. Pelaksanaan  pembangunan terminal baru tersebut tetap berjalan walaupun di tengah pandemi Covid-19.


Program perluasan Bandara Sam Ratulangi sebagai pendukung industri pariwisata Sulawesi Utara direncanakan akan menjadikan terminal bandara yang semula seluas 26.000 meter persegi menjadi 56.000 meter persegi. Perluasan tersebut diperkirakan dapat melayani hingga 6 juta penumpang per tahun dari yang sebelumnya berada pada kisaran 2,5 juta orang per tahun.


Bersamaan dengan perluasan bandara tersebut, pemerintah akan membangun sekaligus membenahi kawasan-kawasan wisata yang ada di sekitarnya.

Dibidang kesehatan dimana ODSK sudah pada tahap topping off RSUD Provinsi Sulut di Manado.


Topping Off adalah suatu proses yang menandakan bahwa kegiatan konstruksi telah memasuki tahap finishing.


Gubernur Olly mensyukuri progres pembangunan RSUD Provinsi Sulut sebab jika proyek RSUD Provinsi Sulut tepat waktu bakal menunjang ketersediaan infrastruktur dan fasilitas pelayanan kesehatan dasar yang sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM) kesehatan dan terwujudnya akses pelayanan kesehatan Sulut yang berkualitas.Pun mempercepat


pembangunan Rumah Sakit Mata Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang pada 2020 lau sudah melewati topping off atau tutup atap pembangunan Rumah Sakit Khusus Mata Provinsi Sulut di Manado.

Mega proyek pembangunan Bendungan Kuwil-Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara akan memberikan manfaat besar bagi Sulut.

Potensi Bendungan Kuwil Kawangkoan yang mampu memberikan dampak besar bagi masyarakat Sulut, menjadikan bendungan ini sebagai salah satu proyek strategis/program pembangunan 49 bendungan baru Kementerian PUPR.


Pembangunan taman wisata budaya waruga yang berada dalam areal pembangunan Bendungan Kuwil itu dianggarkan sebesar Rp33 miliar. Pembangunannya berada di atas lahan seluas 3,1 hektare dan terdapat 87 makam batu dan diharapkan ke depan menopang pembangunan daerah di sektor kebudayaan dan penunjang sektor pariwisata.

Begitu juga dengan jalan tol manado - bitung yang telah diresmikan oleh Presiden RI Jokowi. Jalan tol Manado-Bitung merupakan tol terpanjang di Pulau Sulawesi. Proyek yang menghubungkan dua kota besar di Sulut, yakni Manado dan Bitung, diharapkan mendukung peningkatan mobilitas dari dua kota tersebut, mendukung sektor wisata, serta pertumbuhan ekonomi di kota-kota sekitarnya.

(adv)